Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pertamina Hulu Rokan (PHR)     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatera Selatan      Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      DPRD TANAH DATAR      Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      NAGARI PANINJAUAN      Padang Panjang      pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 22 Jul 2024, 14:18
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 22 Jul 2024, 14:18      
Pertamina Hulu Rokan (PHR)

NASIHAT PHR Kultur Baru Operasi Andal Blok Rokan: Bahagia Bekerja, Pulang Selamat.

Kamis, 27 Juni 2024
Dibaca : 1015 kali
Ket poto : Para isteri pekerja dan mitra kerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengunjungi lokasi kerja suaminya dalam agenda kunjungan keluarga ke lokasi kerja yang merupakan salah satu implementasi program NASIHAT di WK Rokan.

PEKANBARU– Bekerja di industri migas tentunya penuh dengan tantangan dan risiko. Namun, bagi Awang Joko Purnomo, program NASIHAT dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah menjadi pembawa semangat baru. 

"NASIHAT bukan hanya sekedar program semata, tapi juga sebuah gerakan yang menyentuh hati," ujar Awang, Sr Coordinator HES Technical D&C WK Rokan.

NASIHAT yang merupakan singkatan dari Naluri Operasi Handal dan Selamat, merupakan program internalisasi AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) yang berfokus pada pengembangan karakter dan budaya kerja positif di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan. AKHLAK merupakan bagian dari budaya yang diperkenalkan BUMN kepada seluruh karyawannya.

Bagi Awang, program NASIHAT telah membawa perubahan nyata dalam budaya kerja di WK Rokan. "Tidak hanya fokus pada target dan produksi, tapi kita juga diajak untuk saling peduli, saling mengingatkan, dan saling membantu. Dukungan dari keluarga juga semakin bertambah karena melalui program ini membuat pasangan kita menjadi tahu bagaimana kita bekerja setiap harinya. Ini membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan menyenangkan," tuturnya.

Salah satu contoh nyata manfaat NASIHAT adalah program 'Jaga Diri Jaga Rekan'. Program ini mendorong para pekerja untuk saling mengingatkan dan membantu dalam menerapkan protokol keselamatan kerja, sehingga dapat bekerja dengan aman dan pulang dengan selamat.

"Kalau ada yang lupa, kita saling ingatkan. Kita juga saling membantu dalam melakukan pekerjaan yang berisiko," kata Awang.

Awang menjelaskan, NASIHAT mengenalkan 10 doktrinnya yakni selalu yakin bahwa tubuh adalah titipan Tuhan yang harus dijaga, kemudian selalu yakin bahwa anggota tubuh tidak dapat digantikan oleh apa pun, selalu yakin bahwa intervensi keselamatan adalah kebaikan yang akan dibalas Tuhan, selalu yakin bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lain, dan selalu yakin bahwa keselamatan kita adalah kebahagiaan keluarga.

Selanjutnya selalu yakin bahwa orang-orang tercinta menunggu kita pulang dengan selamat dan bahagia, selalu yakin bahwa cepat tidak sama dengan buru-buru, selalu yakin bahwa selalu ada waktu untuk bekerja selamat, selalu yakin bahwa senyum lebih indah daripada tangis dan selalu yakin bahwa lelah bekerja akan berubah menjadi kebahagiaan saat bertemu orang-orang tercinta.

Melalui program NASIHAT, PHR memasifkan kampanye-kampanye keselamatan melalui spanduk yang menyentuh hati. Ada juga kunjungan anggota keluarga pekerja ke lokasi kerja untuk mengenalkan aktivitas operasi dan tugas masing-masing suami/ayah/anak sehingga dapat meningkatkan dukungan keluarga agar pekerja selalu bekerja dengan selamat.

“Setelah melihat pekerjaan suami di lapangan, istri pekerja juga diikutkan dalam workshop dengan agenda Touch The Heart, Penguatan 10 doktrin NASIHAT dan renungan yang bertujuan agar pekerja lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap keselamatan kerja. Kita juga berharap, NASIHAT ini bisa meningkatkan budaya kerja yang positif dan selamat," tegas Awang.

Selain itu, NASIHAT juga membantu para pekerja untuk meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan bersama. "Dengan adanya program ini, kita jadi lebih termotivasi untuk bekerja lebih baik. Kita juga lebih mudah untuk berkolaborasi dan saling berbagi ide," ungkap Awang.

Program NASIHAT PHR WK Rokan ini pun meraih penghargaan bergengsi "Best Culture Program Subholding Upstream" dalam ajang Culture Summit SHU 2024 yang diadakan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina dengan tema “The Great Wonders of Culture” pada 10-11 Juni 2024.

Program ini merupakan salah satu dari puluhan program internalisasi AKHLAK yang mendaftar dan berhasil lolos menjadi 6 finalis untuk proses penjurian pada 10 Juni 2024. Selain NASIHAT, PHR juga memborong penghargaan lain yakni AKHLAK Beat dari PHR WK Rokan.

Pencapaian ini menjadi bukti komitmen PHR dalam menanamkan nilai-nilai AKHLAK yang merupakan bagian dari budaya yang diperkenalkan BUMN kepada seluruh karyawannya. 

NASIHAT menjadi program keselamatan PHR WK Rokan untuk memperkuat pembawaan alami pekerja agar selalu bekerja dengan selamat serta mencegah kecelakaan yang dapat menimpa diri sendiri atau rekan kerja dengan pendekatan “Touch the Heart” dan dukungan dari keluarga.

Selain itu program AKHLAK Beat juga membuktikan keunggulan PHR. AKHLAK Beat merupakan aplikasi digital yang dapat mempermudah deteksi dan pencatatan budaya AKHLAK melalui sebuah aplikasi yang mudah diakses melalui HP. Ini merupakan inisiatif baru dan unik di WK Rokan yang digunakan untuk memberikan saran dan masukan mengenai perilaku AKHLAK bagi setiap perwira PHR.

Direktur Utama PT PHE Subholding Upstream, Chalid Said Salim dalam sambutannya pada acara Culture Summit 2024, menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya untuk melahirkan budaya berpikir kritis dan kolaboratif dalam menghadapi perubahan dan tantangan.

“Saya berharap kita menerapkan kinerja dengan budaya dan tata nilai AKHLAK yang baik, serta selalu mengedepankan faktor HSSE dalam bekerja. Saya pun berharap ajang ini bukan hanya menjadi ajang seremonial biasa, namun programnya dapat terus diterapkan dalam kinerja sehari-hari,” ujar Chalid.

Culture Summit ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat komitmen dan kolaborasi antara pimpinan, agen perubahan, dan elemen organisasi dalam menghadapi perubahan dan tantangan.

Chalid juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Leader dan agent of change (AoC) yang telah terlibat aktif dalam penguatan AKHLAK dan berkomitmen untuk mendorong, mendukung setiap usaha mengkristalkan nilai-nilai AKHLAK ke dalam diri setiap Perwira. "Saya ucapkan selamat kepada para pemenang kompetisi program budaya yang akan diumumkan pada hari ini. Culture Summit diharapkan dapat menjadi wadah untuk melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan dan tantangan, serta mendorong budaya kolaborasi dan sinergi antar elemen organisasi untuk mencapai tujuan bersama,” tambahnya. ( Zulfan ).

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com