Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pertamina Hulu Rokan (PHR)     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatera Selatan      Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      DPRD TANAH DATAR      Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      NAGARI PANINJAUAN      Padang Panjang      pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 24 Apr 2024, 13:10
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 24 Apr 2024, 13:10      
Bengkalis

Hadiri Kenduri Melayu Ratib Togak, Bupati Kasmarni : Jaga Persatuan dan Kelestarian Nilai-Nilai Budaya Melayu

Jum'at, 15 Desember 2023
Dibaca : 1916 kali
Teks foto: Bupati Kasmarni di wakili Asisten II Toharudin,SH Saat Menghadiri Kenduri Melayu Ratib Togak di Desa Muara Basung Kec Pinggir.

PINGGIR - Untuk memelihara dan memperkuat hubungan silaturahmi sekaligus menjaga nilai-nilai budaya melayu supaya tetap lestari di Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan ini, khususnya di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

Juma'at malam (15/12) Bupati Bengkalis Kasmarni di Wakili Asisten II Toharudin menghadiri sekaligus membuka acara 

Kenduri Melayu Ratib Togak, di Gedung Hj. Nuriyah Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

Ketua LAMR Desa Muara Basung sekaligus anggota DPRD Kab Bengkalis dapil Kec Pinggir Al Azmi, saat memberikan kata sambutan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Muara Basung, untuk terus meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan agar harapan dan tujuan menjadikan daerah ini semakin baik dengan penuh kilauan."Menurutnya, sesama anak negeri memiliki kewajiban yang sama menjaga marwah negeri dan bahu membahu, serta bekerjasama membangun daerah, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah maju dan sejahtera.

"Kenduri Adat ini harus menjadi momentum untuk terus melestarikan adat istiadat sesuai tatanan masyarakat Melayu. Semoga mampu menjadikan inspirasi dan motivasi kuantitas serta kualitas keikhlasan serta rasa tanggungjawab dalam membangun negeri ini," uncapnya.

Disamping itu, Al Azmi juga mengharapkan adat yang bersendikan syara’, dan syara’ bersendikan kitabullah, harus senantiasa dilestarikan, terlebih saat ini kemajuan dan perkembangan zaman membuat masyarakat terlena, sehingga adat istiadat seakan sirna."pesanya di hadapan ratusan para tamu undangan."Kenduri yang diisi dengan pembacaan kita suci Al Qur'an diimami oleh para tuan guru, tokoh masyarakat dan tokoh adat dan para ustadz dan imam masjid setempat. Kemudian di awak  kenduri, tamu undangan disajikan dengan makanan adat hidangan khas orang Melayu dalam menghormati para tetamu jemputan."

Acara di lanjutnya sambutan Bupati Kasmarni, di wakili Toharudin menyampaikan."Kami berharap, melalui kegiatan yang diisi dengan pengagungan asma Allah, sembari kita bermohon petunjuk serta keselamatan kepada-nya. Tentunya kegiatan ini harus kita dukung dan kedepannya harus terus kita kembangkan, dalam meningkatkan semangat persatuan dan persaudaraan. Karena siapapun dan dari manapun asal kita, sebagai sesama anak melayu, kita harus bersebati dan sehati, serta memiliki kewajiban serta tanggungjawab yang sama dalam menjaga marwah negeri ini.

Kemudian harus bahu membahu dan bergandeng tangan, termasuk dengan pemerintah daerah untuk melanjutkan dan mempercepat keberhasilan pembangunan di negeri ini. Jika seluruh anak negeri ini memiliki komitmen kerja bersama, tolong menolong tiada bersukat, duduk berdiri dalam mufakat, termasuk saling tolong menolong dalam sosial ekonomi, kehidupan bahkan dalam pilihan politik sekalipun, maka tak ada azam yang tidak dapat diwujudkan, tak ada asa yang tidak dapat dicapai, tidak ada visi dan misi Kabupaten Bengkalis Bermasa yang ter tinggalkan.

Lebih lanjut Toharudin, mengatakan, membangun negeri ini, agar terwujudnya Kabupaten Bermarwah, Maju dan Sejahtera, penguatan nilai-nilai Budaya Melayu menjadi bagian dari misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Untuk itu mari bersama-sama mengembangkan nilai-nilai budaya melayu sebagai pegangan utama dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, damai, dan kondusif ditengah-tengah masyarakat yang multi etnis di daerah ini.

Apa lagi saat ini sudah berada dalam tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024, tentunya dalam menghadapi pemilu serentak tersebut mengharapkan semua pihak dapat memperkuat sinergitas, baik pemerintah daerah, KPU, Panwaslukada, Polri, tni, partai politik, ormas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pers serta seluruh elemen masyarakat, agar pesta demokrasi yang akan dijalani kedepannya dapat menghasilkan pemilu yang demokratis baik dari proses maupun hasilnya, dan juga dapat berjalan dengan kondusif, aman, guyub, serta lancar."

Alhamdulillah, memasuki tahun ketiga kepemimpinan kami sebagai bupati dan wakil bupati, daerah kita saat ini meraih banyak capaian serta prestasi dan penghargaan yang membanggakan, baik dari pemerintah pusat, provinsi serta lembaga-lembaga lainnya. Namun demikian, semua itu tidak harus membuat kita terlena dan berpuas diri, komitmen kami dan kita semua untuk terus memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat melalui tagline Bermasa harus tetap kita gaung dan kita lakukan. Maka sudah saatnya untuk kita membangun negeri ini dengan meninggikan kebersamaan, kecerdasan, kebajikan, kreativitas, dan kerja berkualitas, yang insya allah akan mengantarkan kita ke pulau kehidupan yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera,"pungkasnya.

Acara diakhiri pemberian bantuan oleh Bupati Bengkalis diwakili Asisten II H. Toharuddin kepada masyarakat berupa alat musik Melayu dan sejumlah bantuan lainya yang di serahkan oleh, Camat Pinggir, Camat Bathin Solapan, Kapolsek Pinggir dan ketua LAMR Desa Muara Basung." Terlihat hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Bengkalis dapil Pinggir, Al Azmi, Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, Camat Talang Muandau, Rifky Afriandi, Camat Bathin Solapan, Muhammad Rusydy, Camat Mandau, Riki Rihardi, Direktur RSUD Duri, drg. Sylvia Febriani.

Ketua LAMR Muara Basung, Al Azmi, Kades Muara Basung, Ahkyar Mukmin, Ketua BAZNAS, Ismail, Kadis DPPPA Bengkalis, Tasril Akmal, Kadis Parbudpora, Edi Sakura,  Kadis Perikanan Bengkalis, Hj. Kholijah, Kadisnaker Salman, Kapolsek Pinggir, Kompol, Darmawan, Koramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto serta para tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh undangan lainya. 

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com