Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pertamina Hulu Rokan (PHR)     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatera Selatan      Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      DPRD TANAH DATAR      Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      NAGARI PANINJAUAN      Padang Panjang      pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 05 Mar 2024, 03:19
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 05 Mar 2024, 03:19      
Kabupaten Bangka

SAMPAH-SAMPAH DIDUGA PENYEBAB MAMPETNYA DRAINAGE

Selasa, 5 Desember 2023
Dibaca : 53 kali

Bangka-Sarpos - Memasuki musim penghujan banyak sekali ditemukan sampah-sampah berserak yang diduga menjadi penyebab mampetnya drainage atau saluran primer mau pun sekunder di kota Sungailiat,” demikian dikatakan kepala Dinas DLH kabupaten Bangka Ismir Rachmadianto kepada Suarariau pos di ruang kerjanya, Selasa ( 5/12) 

Menyikapi masalah ini, kata Ismir tim petugas lapangan yang berjumlah lebih kurang 203 orang diwilayah kecamatan Sungailiat bergerak cepat untuk mencegah terjadinya luapan air ke jalan-jalan.

“ Alhamduliilah ditambah lagi pada bulan Oktober lalu ada 12 unit mobil kebersihan yang dimiliki kelurahan dikecamatan Sungailiat membuat pekerjaan kami agak lebih terbantu, karena mereka juga ikut terlibat secara aktif dan agresip mengangkut sampah-sampah di TPS-TPS,” terangnya.

Namun sangat disayangkan masih adanya masyarakat dan kalangan pengusaha yang membuang sampah bukan pada tempatnya ,” Hal ini menjadi atensi kami ,” ujarnya.

Dikemukakan oleh Kadis DLH kabupaten Bangka agar menjadi wajib retrebusi, sehingga sampah mereka akan kami lakukan penarikan ataupun penjemputan, jadi mereka tidak perlu susah untuk membuang sampah ditempat yang telah disediakan.

Kemudian saya himbau kepada masyarakat yang kebetulan melakukan pembersihan dihalaman rumahnnya pada kegiatan atau even-event tertentu segera menyampaikan kepada kami, biar dijemput sampahnya untuk dibuang di TPA.

Dikota Sungailiat banyak ditemukan sampah-sampah yang tidak layak di buang di konteiner, contoh bekas tebangan,sopa,bed dan sampai sampah besar,” Ini tidak tepat kalau di buang di konteiner kita,” tegas Ismir.

Saat disinggung tentang kondisi TPA Kenanga, Ismir menjelaskan, sesuai dengan data yang kami dapat dari ritase, setiap harinya sampah yang masuk ke TPA Kenanga berjumlah lebih kurng 60 ton per hari baik sampai organik maupun non organik.

Sedangkan kita hanya mempunyai satu alat berat, jadi tidak bisa mengcover proses pengerjaan penimbuna sampah yang ada,” imbuhnya.

“ Kita tidak bisa mengajukan permohonan karena pembelian tersebut dalam bentuk asset sementara harga cukup mahal,” sambungnya.

Selain itu ungkap Ismir kita belum bisa minta bantuan CSR ataupun dukungan-dukungan dari perusahaan yang ada, bahkan dipusatkan pun belum ada pengadaan alat-alat berat.

Tadinya kami berharap kalau tidak bisa di bebankan di APBD,maka bisa dibiaya APBN. Namun di APBD kita juga kami sudah melakukan telaah dihadapan kepala daerah agar hal ini bisa di approach usulan tersebut sesuai dengan kebutuhan kedepan, maka timbunan sampah di TPA yang menggunung dan melebar bisa dikurangi,” terang Ismir.

Disisi lain jelas Ismir pihaknya sudah melakukan permohonan pengajuan penambahan perluasan TPA yang luas awalnya hanya 4,9 hektar menjadi 20 hektar, dimana nantinya sampah akan terolah secara baik.

Terkait, tingkat kesadaran masyarakat agar jangan membuang sampah sembarang, pihak DLH kabupaten Bangka sudah memanggil lurah dan Camat untuk melakukan sosialisasi dan himbauan.

Namun semua itu kata Ismir kembali kepada masyarakat, karena berbagai alasan seperti jauhnya TPS yang disediakan.

Makanya kami himbau agar wajib menjadi retrebusi sampah, sebab ada ketentuan perda terkait retrebusi sampah dan memasang plang himbauan,”tegas Ismir.

Besar harapan kami kepada masyarakat segeralah mendaftarkan diri sebagai wajib retrebusi sehingga layanan pengambilan sampah bisa kami lakukan, kedua dilakukan pemilahan sampah rumah tangga yang dibuang tidak bernilai ekonomi dan sampah yang bernilai ekonomi bisa kita hitung diambil oleh pengepul-pengepul yang ada.” Pungkas Kadis DLH kabupaten Bangka Ismir Rachmanandianto.(Imam Bangka)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com