Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pertamina Hulu Rokan (PHR)     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatera Selatan      Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      DPRD TANAH DATAR      Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      NAGARI PANINJAUAN      Padang Panjang      pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 05 Mar 2024, 05:35
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 05 Mar 2024, 05:35      
SAROLANGUN

Rumah Baca Diazz Dikunjungi Secara Mendadak

Selasa, 21 Februari 2023
Dibaca : 189 kali

Sarpos.com,Sarolangun, Terkait informasi adanya kegiatan gerakan literasi masyarakat dengan mendirikan rumah baca sebagai Taman Baca Masyarakat (TBM). Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sarolangun langsung turun kelapangan meninjau lokasi Rumah Baca Diazz yang beralamat di RT. 03. desa Padang birau (tanjung rambai) kelurahan Gunung Kembang kecamatan Sarolangun. Selasa (21/02/23).

"Informasi bahwa adanya gerakan literasi dari masyarakat. Tanpa Pikir panjang kita langsung turun meninjau kelokasi rumah baca diazz atau Taman Baca Masyarakat (TBM). Setelah melihat langsung, kita sangat mendukung dengan adanya gerakan literasi masyarakat itu dan kita juga mensupport kegiatan tersebut. Kegiatan rumah baca yang digagas oleh ibu susilawati merupakan kegiatan berbasis literasi yang telah menjadi program nasional guna untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat sekitar untuk mendulang wawasan dalam menjalani kehidupan sehari hari". Kata Ali Amri, SE Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sarolangun. 

Rumah Baca merupakan Gerakan yang bertujuan untuk mengkampanyekan peningkatan budaya membaca dan menulis.Literasi atau kemelekan dalam menyerap informasi merujuk kepada kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari - hari.

Lebih lanjut Ali Amri, SE Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Sarolangun mengatakan, Pihaknya menyarankan kepada pengelola rumah baca supaya mengajukan proposal, 

"Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah, Kita menyarankan kepada pengelola Rumah Baca agar membuat proposal. Dan kita akan memberikan bantuan pinjaman 200 Buku. Pinjaman itu berupa pinjaman sirkulasi dalam jangka waktu tertentu (1 bln) kemudian dievaluasi dan dapat berkelanjutan dalam waktu tidak terbatas. Disamping itu permohonan mengenai kebutuhan rumah baca akan kita ajukan dan terusan untuk dimasukkan pada anggaran berikutnya".Terang Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sarolangun.

Sisi lain, Dinas Perpustakaan dan Arsip akan melakukan kerjasama dengan pihak propinsi untuk mempromosikan pengelola Rumah Baca Diazz sebagai Duta Baca utusan Kabupaten Sarolangun, 

Duta Baca merupakan program Perpustakaan Nasional RI yang menampilkan sosok inspiratif untuk menjadi motivator dalam meningkatkan kegemaran membaca dan mengkampanyekan budaya gemar membaca pada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai media baik media cetak, elektronik maupun media sosial.

Sementara itu kesan yang disampaikan oleh Susilawati pengelola Rumah Baca Diazz mengatakan, Bahwa dirinya sangat berterimakasih atas kunjungan secara mendadak dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sarolangun, 

"Alhamdulillah, kami sangat berterimakasih dan bersyukur atas kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Sarolangun. Semoga kunjungan hari ini bisa melahirkan dampak yang positif bagi gerakan kami dan juga masyarakat disini".Kata Susilawati Pengelola Rumah Baca Diazz. 

Saat disinggung rencana dirinya akan dipromosikan sebagai duta baca, dengan senang hati dirinya siap menerima,

"Insha Allah swt saya siap. Kesemuanya itu demi mengkapanyekan gerakan masyarakat membaca berbasis literasi dengan orientasi mencerdaskan kehidupan bangsa yang berwawasan dan ilmiah". Kata Susilawati Guru Penggerak SMPN 1 sarolangun Angkatan 5. (nal)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com