Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 06 Feb 2023, 19:54
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 06 Feb 2023, 19:54      
Bengkalis

Wabup Bagus Santoso Resmikan Masjid Al-Mu'minin Desa Bantan Tua

Jum'at, 20 Januari 2023
Dibaca : 17 kali

BENGKALIS, Suara Riau Pos Com.

Rasa suka cita seluruh jama'ah tumpah karena diresmikannya mushola Al-Mu'minin berubah status menjadi Masjid Al-Mu'minin, Desa Bantan Tua Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis Riau, pada Jum'at 27Jumadil Akhir 1444 Hijriyah bersamaan dengan 20 Januari 2023.

Atas nikmat yang sangat besar ini, pengurus masjid bersama para jama'ahnya menggelar syukuran yang diawali sholat Jum'at Perdana dengan petugas sebagai Bilal An Danuri, Khotib Drs H Khaidir yang saat ini Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkalis dengan mengangkat judul khutbah "Masjid Itu Rumah Allah". Kemudian, bertindak sebagai Imam adalah Avri Mirza bin Jumangin yang tak lain Ketua Pengurus Masjid Al-Mu'minin tadi.

Khotib H Khaidir dalam khutbahnya mengajak jama'ah Sholat Jum'at agar senantiasa mengimplementasikan rasa syukur. "Dari itu, selalu kita tanam, selalu kita ingat dan selalu berupaya membuktikan ketaatan kita hanyalah semata-mata kepada Allah, menuruti ajaran Rasulullah SAW dengan kalimah Lailahaillallah Muhammadarrasulullah," kata H Khaidir.

Setelah selesainya sholat Jum'at Perdana didirikan, acara peresmianpun segera menyusul yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh qori Rahmat Syaputra. 

Kemudian, Kades Bantan Tua Dian Saputra dalam sambutan singkatnya mengatakan Atas nama Pemerintah Desa Bantan Tua juga mewakili pengurus masjid mengucapkan terima kasih karena kehadiran para undangan di acara hari tersebut. "Kepada Bapak Wakil Bupati, kami mengucapkan terima kasih, Alhamdulillah masjid ini mendapat bantuan dari Pemkab Bengkalis. Kami Insya Allah siap mendukung program Ibuk Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis. Kami atas nama jama'ah masjid ini mengucapkan terima kasih kepada pengurus Masjid Al Falah Desa Senggoro karena banyak jama'ah kami sholat di sana," kata Kades Dian Saputra seraya menyampaikan bahwa terhitung mulai hari ini, apabila ada warga jama'ah masjid Al-Mu'minin yang meninggal dunia tak perlu dikebumikan di TPU Masjid Al Falah karena TPU di sana telah penuh sehingga penggali kubur selalu menemukan keranda. 

Kakan Kemenag H Khaidir pula di awal sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Bengkalis sekaligus mendo'akan beliau, mendo'akan hadirin beserta keluarga. Setelah Kasi Binmas menemui beliau menyampaikan usulan perubahan status mushola tadi menjadi masjid, setelah semua persyaratan lengkap maka dalam tempo singkat Kakan Kemenag H Khaidir pun menandatangani surat yang dinanti jama'ah Masjid Al-Mu'minin.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, SH,SIK,MH di awal sekapur sirih seulas pinangnya  menyampaikan beliau juga perdana sholat Jum'at di Bengkalis, di masjid yang terletak di RT V RW VIII Dusun Taman Sari ini. "Saya rasa saya yang paling mendapatkan berkah karena ini adalah pembukaan masjid yang baru dan pertama kali sholat Jum'at di Bengkalis," ucap Kapolres AKBP Bimo yang berharap dibantu oleh masyarakat Kabupaten Bengkalis sebagai pelayan masyarakat.

Wabup H Bagus Santoso pula dalam sambutannya mengajak jama'ah untuk mengisi masjid ini dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan seperti shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, kalau bisa 24 jam seperti masjid di Jawa" kata Wabup Bagus Santoso.

Bagus Santoso juga mengibaratkan sejatinya membangun masjid itu seperti membangun rumah tangga, dimana di dalamnya harus dijaga kebersamaannya dan kekompakan dalam menjalankan ibadah lima waktu. "Kami harapkan Ketua dan Pengurus Masjid yang baru hendaknya dapat mengorbankan waktu, tenaga serta pikirannya untuk kemakmuran masjid ini dan kepada seluruh jama’ah serta masyarakat, mari bersama-sama kita sukseskan setiap program yang akan, sedang dan telah dirancang oleh pengurus masjid Al Mu’minin," katanya.

"Alhamdulillah dengan adanya peningkatan status masjid ini kami berharap diiringi juga jumlah jama'ah, sholat lima waktu, dan peningkatan kegiatan-kegiatan keagamaan, majelis taklim, MTQ dan lainnya. Masyarakat cukup antusias dengan adanya peningkatan status masjid ini dan kepada Pengurus Masjid kami harapkan mungkin kegiatan-kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan bisa melibatkan remaja-remaja masjid sehingga remaja-remaja masjid yang tinggal di sekitaran masjid ini dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk yang sering terjadi di luar sana," kata Camat Bantan Muthu Saily kepada potretnews.com, Jum'at (20/01/2023).

Avri Mirza mewakili seluruh jama'ah mengucapkan syukur tidak terhingga karena momen yang sangat bersejarah tadi, sholat Jum'at Perdana yang sebelumnya jama'ah sholat di Masjid Al Falah Senggoro dan momen Peresmian Masjid Al-Mu'minin. Atas momen ini maka digelarlah tasyakuran yang tidak disangka dihadiri orang-orang penting di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

"Mudah-mudahan ini semua mendatangkan berkah bagi kami para jama'ah dan masyarakat setempat," do'a Avri Mirza. 

Ditambahkan Avri Mirza sesudah acara tadi makan beliau bersama pengurus akan menyiapkan agenda-agenda untuk memakmurkan masjid salah satunya adalah membentuk remaja masjid. "Alhamdulillah kemarin kita sudah konfirmasi pemuda-pemudi siap untuk pembentukan remaja masjid hanya menunggu waktunya saja," ucapnya seraya menyebutkan Masjid Al-Mu'minin berukuran 15X15 meter ditambah ruang imam memerlukan infaq shadaqah untuk pembangunan teras, MCK, dan cor halaman. 

"Dan tak kalah pentingnya lagi jembatan masuk ke masjid yang sangat strategis sekali ini yang ada pemilihan masyarakat ingin salat di masjid ini tetapi karena jembatan kecil mengurungkan niatnya. Kami mohon kepada donatur yang barangkali ada keluasan rezeki untuk berinfak, berwakaf, bersedekah di rumah ibadah kami, sangat terbuka bagi hamba Allah di mana saja berada," harapnya didampingi Sekretaris Andy Saputra. 

Hadir dalam acara ini Kasi Binmas Mansur,SAg, KUA Drs H Nasuha, Kapolsek Bantan, Ketua MUI Kecamatan Bantan, Ketua Yayasan PMNH Bantan, Kadus se-Desa Bantan Tua, BPD, Ketua LAMR Desa Bantan Tua, Ketua LPMD, Ketua LPTQ, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pengurus Masjid Baiturrahman Bantan Tua dan Masjid Al Falah Senggoro.

Pantauan di lapangan, kedua mata acara di masjid yang nyaman ini berjalan lancar termasuk makan siang lauk gulai kambing, teh dan kopi hangat serta minuman dingin manis buah yang disajikan mendapat pujian hadirin. 

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com