Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Friday, 09 Dec 2022, 03:33
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Agam

3 Pelaku Pencurian Pedagang Perhiasan Emas Di Matur Agam Merupakan Residivis Kasus Yang Sama.

Kamis, 13 Oktober 2022
Dibaca : 37 kali

Agam,sarpos.

  3 dari 6 orang pelaku perampok yang beraksi di jalan raya Matur-Bukittinggi, Jorong Parik Panjang merupakan residifis kasus yang sama. Kapolres Agam, AKBP Ferry Ferdian S.IK mengatakan, Sebelumnya tersangka HT (48) pernah menjalani hukuman selama 3 tahun di Lapas Klas II B Solok atas kasus Tindak pidana pencurian truck pada tahun 2018 lalu.

Kemudian tersangka NZ pernah menjalani hukumam 2 kali atas kasus uang palsu dan pencurian ternak di lapas Anak Aia Kota Padang. "Tersangka RA juga pernah terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor dan dihukum 1 tahun di Lapas Padang Panjang," ujarnya saat pressreleace di Mako Polres Agam Kamis (13/10/2022).

Dari hasil penyidikan dikatehui, para pelaku sudah pengintaian target semenjak bulan Agustus 2022 lalu. Mereka mulai merencanakan dan mulai mengamati pergerakan target yang biasanya berjualan perhiasan emas di pasar Lawang setiap hari Jumat.

Pada Hari yang disepakati, pelaku mulai melancarkan aksinya dengan cara menghadang korban di jalan Matur - Bukittinggi Batu Baro, Jorong Parik Panjang Nagari Parik Panjang saat akan pulang sekitar pukul 16.20 WIB.

Pelaku yang menggunakan minibus jenis kijang super menabrakkan kendaraan ke mobil milik korban selanjutnya menodongkan senjata api dan menggasak barang bukti.

Usai merampas perhiasan dan sejumlah uang, kawanan pelaku ini langsung kabur ke jalan alternatif ke Bukittinggi namun di tengah perjalanan kawanan pelaku ini membakar minibus yang digunakan kemudian pindah ke pickup dan sebagian lagi kabur ke dalam kawasan hutan.

"Setelah situasi dirasa aman, pelaku berkumpul kembali dan membagi hasil rampasan uang masing-masing Rp 10 juta untuk modal melarikan diri dan nantinya akan bertemu kembali di Pekanbaru," terangnya lagi.

Dijelaskan Polres Agam, salah satu pelaku berinisial HT (48) berhasil diamankan petugas di rumahnya di Kota Padang 2 hari setelah kejadian, kemudian polisi langsung mengamankan 1 pelaku pelaku lain NZ (65) di Kabupaten Solok. "Pada tanggal 22 September 2022, polisi berhasil menangkap 2 Tersangka lain Inisial RA dan RR di Daerah Kuansing Riau dan 2 orang pelaku lagi masih dalam pengejaran," katanya lagi.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa tunai sebesar Rp. 394.700.000, 1 buah gelang emas 24 dengan berat 112.5, 1 kantong Plastik warna bening berisikan Butiran emas dengan berat 381.5 gram, 1 kantong Plastik warna bening berisikan Butiran emas dengan berat 22.87 gram, 1 unit mini bus, 1 unit pick up dan 1 Sepeda motor.

Atas perbuatannya tersangka dijerat P 365 ayat (1), ayat (2) ke-2 ke-4 jo 362 KUHP dengan ancaman penjara seumur hidup. "Untuk dua orang tersangka lagi masih dilakukan pengejaran serta sebagian barang bukti dipegang salah satu pelaku," tutupnya.

(Lilik)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com