Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Friday, 09 Dec 2022, 03:31
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Agam

Antisipasi Berkembangnya Paham Radikalisme, Polres Agam Kembali Gelar FGD

Senin, 10 Oktober 2022
Dibaca : 39 kali

Agam,Sarpos.

 Dalam rangka melaksanakan Operasi Bina Waspada Singgalang 2022 ,sekaligus mengantisipasi berkembang nya faham radikalisme di tengah masyarakat,khusus nya di wilayah Polres Agam ,jajaran Satbinmas Polres Agam menggelar kembali melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Wibisono Mapolres Agam, Senin (10/10/22). 

Kegiatan dipimpin langsung oleh Wakapolres Agam Kompol Andrizal Gucci, dihadiri Kasat Binmas Polres Agam, Kemenag Kabupaten Agam, Ketua MUI, perwakilan tokoh agama Kabupaten Agam, Ketua BKMT, Perwakilan Majelis Taklim, Perwakilan Ninik Mamak, Perwakilan Ormas Islam Kabupaten Agam dan unsur terkait.

Focus Group Discussion tersebut di laksanakan guna membahas tentang upaya pencegahan berkembangnya paham radikalisme, intoleransi antar umat beragama, anti Pancasila dan aliran sesat.

Kapolres Agam AKBP FERRY FERDIAN, melalui Wakapolres Agam Kompol Andrizal Gucci, mengatakan, FGD ini dilaksanakan guna meningkatkan mitra bersama demi mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Melalui forum diskusi ini, mari kita tingkatkan sinergitas dan soliditas untuk mencari bingkai kebersamaan dalam beragama." Ucapnya.

Kepala Subbag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Agam Kamiri, S.Ag, M.Pd sebagai narasumber , menjelaskan, untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme dan aliran sesat antar umat beragama, pemantauan terhadap kegiatan keagamaan di tempat tinggal masing-masing perlu ditingkatkan.

Hal ini sangat perlu di lakukan jangan sampai masyarakat mudah terpengaruh dengan paham radikalisme tersebut, kalau ada kelompok masyarakat yang tidak memahami agama secara utuh." tuturnya.

Kasat Binmas Polres Agam, Iptu Azwir Yani, selaku narasumber dari pihak Polres Agam, juga mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyatukan pendapat masing - masing tentang pentingnya moderasi beragama serta mencegah terjadinya pertengkaran antar umat beragama.sekalgus menjalin hubungan yang baik dan saling menghormati sesama umat beragama.

Menurut Azwir, dalam mencegah berkembangnya paham radikalisme dalam beragama, sinergitas dan soliditas antara Bhabinkamtibmas dengan tokoh agama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat perlu ditingkatkan.

Ketua MUI Kabupaten Agam M. Taufiq menyatakan hal yang sama dengan nara sumber lain nya, disini kita harus bisa membedakan makna antara kata radikal dengan radikalisme.

"Peran aktif Tungku Tigo Sajarangan,sangat berpengaruh dan perlu ditingkatkan untuk faham radikalisme dalam melakukan pembinaan kepada generasi muda ."

Selain memberdayakan lembaga adat dan agama secara maksimal, sekaligus meningkatkan Sinergitas dan Soliditas dalam membina adat dan syarak.( Lilik

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com