Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     PELELAWAN      POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Friday, 09 Dec 2022, 03:00
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Rokan Hulu

Wujudkan Harkamtibmas Jelang Pilkades Kapolsek Rambah Hilir Ikuti Para Tokoh Adat 

Rabu, 28 September 2022
Dibaca : 26 kali

Rokan Hulu | suarariaupos.com Untuk mewujudkan terjaganya, Harkamtibmas, Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH mengikuti  kegiatan penyerahan Buku Adat dan silaturahmi Pemangku Adat, Rabu  (28/9/2022) sekitar pukul 09.30 Wib.

Hadir di giat tersebut  Camat Rambah Hilir H Agus Salim S Sos, gelar Datuk Rajo Bonuo Ampu, Ketua Harian DPH LAMR Rohul Hamin  P - Dt Bagindo Sutan Kapolsek Rambah Hilir  Ipda Deby Azhar SH MH, Ketua Ikadi  Rambah Hilir  Gusdianto 

Kemudian, Datuk Munaro Kayo, H Anuar Tanso, Datuk Bijak Pusako  Romi Juliandra SE, Hulu Balang  Rambah Hilir Ridho,  Datuk Kerani Sutan Husri, seluruh Kepala Desa se  Rambah Hilir.

Seterusnya,  Suku Ampu (35 Tokoh), Suku Maih Monilieng (25 Tokoh), Suku Melayu (27 Tokoh),  Suku Kandang Kopuh (35 Tokoh), Suku Pungkuik (18 Tokoh), Suku Bonuo (15 Tokoh), Suku Kuti (20 Tokoh),  Suku Nan Soratuih (7 Tokoh), Suku Nan Limo Puluh (5 Tokoh) dan Suku Bangsawan (7 Tokoh)

Terpantau kegiatan  dibuka Datuk Kerani Sutan, dilanjutkan Do'a  dari Ketua Ikadi  Rambah Hilir, laporan Panitia,  sambutan Ketua LKA Rambah Hilir (Datuk Rajo Bonuo Ampu), Sambutan Ketua Harian DPH Lamr Rohul Datuk Bagindo Sutan.

Kemudian,  Penyerahan Buku Adat dari  H Anuar Tanso sebagai Datuk Munaro Kayo, terakhir arahan Kapolsek Rambah Hilir, terkahir makan bersama.

Dalam kesempatan itu, Datuk Rajo Bonuo Ampu menyampaikan, semoga dengan kegiatan silaturahmi   para tokoh adat bersama-sama dengan Polri 

"Khususnya Polsek Rambah Hilir dapat membangun dan meningkatkan kebersamaan dalam mempertahankan dan mensukseskan kelembagaan adat serta menjaga Harkamtibmas di  Rambah Hilir," kata Dia. 

"Semoga kita para tokoh  yang berkumpul pada saat ini bisa mengemban tugasnya masing-masing, sebab peran kita hidup di lingkungan Masyarakat yang beradat dapat menjaga adat dan istiadat serta tetap bersinergi dengan instansi-instansi terkait dalam upaya memajukan dan melestarikan adat yang ada di Rambah Hilir," paparnya 

"Mari kita do'akan bersama semoga harapan kita selama ini  dan kedepannya salah satu Putera Asli Rambah Hilir dapat menjadi Pemimpin yang bijaksana dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab," harapnya.

Dia berharap para Tokoh Adat dapat memberikan arahan dan bimbingan terbaik kepada generasi penerus nanti.

"Sehingga dapat meningkat marwah dan martabat kelembagaan Adat dan Adat Istiadat yang sudah turun menurun diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat," paparnya.

Lanjutnya, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dalam perhelatan Pilkades yang akan dilangsungkan secara serentak diwilayah  Rambah Hilir

"Agar seluruh para tokoh adat bersama-sama dengan pihak Kepolisian dapat mengawal Pilkades serentak 2022," tegasnya.

"Mari kita dukung bersama Kapolsek Rambah Hilir beserta Anggota dalam melaksanakan tugasnya baik dalam penegakan hukum dan juga dalam menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah  Rambah Hilir," tambahnya 

Di tempat yang sama Datuk Bagindo Sutan berterimakasih kepada Kapolsek yang selalu memberi ruang dalam memberikan masukan, para tokoh adat meminta dan berharap pihak Kepolisian, khususnya Polsek Rambah Hilir dapat menyikapi permasalahan yang terjadi pada anak-kemenakan.

"Seperti perkelahian ataupun masalah dalam keluarga, mohon diberikan kami para tokoh adat kesempatan untuk menyelesaikannya secara adat dan akan dibantu  Bhabinkamtibmas," katanya.

"Kita Bermasyarakat tentunya kita hidup sosial, selain aturan Agama dan hukum  negara yang kita jalankan ada aturan-aturan adat yang juga berperan penting dalam membangun dan meningkatkan kebersamaan antara perorangan maupun kelompok dengan menjalankan tradisi dan budaya yang sudah turun menurun dari sebelumnya," tambahnya.

Datuk Bagindo Sutan menyampaikan dengan adanya pemilihan Kepala Desa serentak di wilayah  Rambah Hilir, diharapkan seluruh peserta Bakal Calon Kepala Desa agar dapat meminta Surat Rekomendasi di LKA  Rambah Hilir untuk bersedia mengikuti aturan adat istiadat yang berlaku di Rambah Hilir.

"Terima Kasih Kepada Lembaga Kerapatan Adat  Rambah Hilir yang disponsori para tokoh - tokoh adat  dan terimakasih Bapak Kapolsek yang sudah dapat menghadiri  kegiatan  yang diadakan di Balai Adat Rambah Hilir," tambahnya.

"Kami para tokoh Lembaga Kerapatan Adat Kec. Rambah Hilir mengapresiasi kerja sama dan sinergitas antara tokoh - tokoh adat dengan Polsek Rambah Hilir dalam memberantas segala perbuatan dan tindakan yang melanggar hukum seperti Perjudian dan Narkoba yang ada di wilayah Rambah Hilir," terangnya.

Selanjutnya, Datuk Munaro Kayo menyampaikan,  Buku Adat ini ialah suatu karya - karya dari seluruh tokoh adat yang menceritakan Adat Istiadat dan Tradisi maupun budaya yang masih berjalan sampai saat ini di Rambah Hilir.

"Maksud dan tujuan buku adat ini dibuat  para tokoh - tokoh adat ialah membangkitkan dan mengingatkan Adat Istiadat, tradisi dan budaya kita kepada  generasi penerus selanjutnya," pungkasnya.

Lanjutnya,  buku ini juga sebagai pedoman dan petunjuk para tokoh dan generasi penerus selanjutnya dalam meningkatkan keberhasilan memajukan kelembagaan Adat saat ini.

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih dan dukungan yang setinggi-tingginya kepada Polsek Rambah Hilir dalam menegakan hukum dan memelihara keamanan di wilayah  Rambah Hilir ini.

"Kami dari pemuka adat siap membantu Polri Khususnya Polsek Rambah Hilir dalam pelaksanaan tugas Kepolisian untuk menciptakan situasi aman dan kondusif," tegasnya 

Sementara itu Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH melalui Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar berharap dengan Aktifnya Kelembagaan Adat di Wilayah Rambah Hilir dapat bekerja sama dalam membantu menyelesaikan permasalahan dan perselisihan antar masyarakat maupun keluarga.

"Kepada para tokoh adat, kami berharap agar  dapat menjalin kerja sama untuk menjaga Kamtibmas dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2022 di Rambah Hilir," ujarnya.

Lanjutnya, semoga kedepannya dapat membentuk dan menjalin silaturahmi, sebab perbedaan ataupun keragaman Suku di wilayah Rambah Hilir menjadikan suatu kebersamaan dalam menjaga kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Dengan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan kita warga masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang Deby.

Polsek Rambah Hilir berterimakasih kepada pihak kelembagaan Kerapatan Adat, khususnya para tokoh - tokoh adat dan agama yang mendukung serta dapat bekerjasama.

"Sehingga kami dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai tugas fungsi Kepolisian," urainya 

Terselenggaranya komunikasi/hubungan yang baik antara tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya dengan Polsek Rambah Hilir dapat menambah semangat dalam pelaksanaan tugas Kepolisian yang dilakukan berupa melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat serta penegakan hukum demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kegiatan tersebut selesai sekitar pukul 13.00 Wib, selama berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com