Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Thursday, 29 Sep 2022, 19:06
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Bengkalis

Bupati Bengkalis Buka Festival Mandi Safar di Desa Tanjung Punak Rupat Utara.

Rabu, 21 September 2022
Dibaca : 14 kali

RUPAT UTARA. Suara Riau Pos Com.

Bertempat di Pantai Lapin Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Rabu 21 September 2022 telah di laksanakan Festival Mandi Safar di mana salah satu budaya yang telah menjadi tradisi Kabupaten Bengkalis yang harus dikembangkan, khususnya di Pulau Rupat.

Harapan itu disampaikan Bupati Bengkalis, Kasmarni,S.Sos.MMP saat menghadiri sekaligus membuka Festival Mandi Safar di Pantai Lapin Rupat Utara."Festival Mandi Safar di laksanakan selama 6 hari terhitung sejak 17 hingga 22 September 2022. Mengusung tema . " Semarak Festival Mandi Safar Tahun 2022 Kembangkan Budaya Lokal Jadi Event Pariwisata Nasional"

Hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, Ketua TP PKK Bengkalis, Gubernur Riau di Wakili Disparbudpora Provinsi Riau, Roni, Perwakilan Negara Malaysia, staf Ahli Bupati dan asisten dan puluhan Pejabat tinggi pratama dan administator Pemkab Bengkalis,Anggota DPRD Bengkalis, Syahrial, Kapolres Bengkalis, AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf.Hendik Yunia H, Kajari Bengkalis, PN dan PA Bengkalis.

Camat Rupat dan Camat Rupat Utara Kapolsek dan Koramil kepala UPT Lurah Kepala Desa se Kecamatan Rupat Utara Ketua LAMR Kecamatan Rupat Utara dan seluruh panitia dan segenap seluruh undangan yang hadir. 

Sektor Pariwisata di Riau mulai bangkit. Sejak status PPKM level 2, sejumlah destinasi dan agenda pariwisata mulai bergeliat di daerah yang dijuluki Bumi Melayu Lancang Kuning itu."Satu di antara agenda pariwisata yang digelar adalah Festival Mandi Safar di Pantai Lapin, Kecamatan Rupat utara, Kabupaten Bengkalis.

Festival Mandi Safar merupakan gelaran tradisi budaya masyarakat melayu khususnya daerah pesisir. Telah dilaksanakan sejak puluhan tahun silam. Hingga kini terus dikembangkan. Kemudian mandi Safar tradisi masyarakat mandi bersama-sama, sebagai simbol dan sekaligus harapan membersihkan diri dari hal-hal yang tidak baik."ucap Kadisparbudpora Bengkalis Edi Sakura.

Kemudian acara dilanjutkan tradisi Mandi Safar didahului dengan doa dilanjutkan tepuk tepung tawar oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni, dan wakil bupati Bagus Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat,Kapolres Bengkalis, Dandim 0303, anggota DPRD Bengkalis, Camat Rupat utara, Agus Sofyan serta tamu undangan lainnya. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau, Roni Rakhmat ketika hadir mewakili Gubernur Riau di acara itu mengatakan, Festival Mandi Safar sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Bengkalis dan sebagai sarana meningkatkan kreativitas yang bernilai ekonomis.

"Tradisi mandi safar ini kedepannya dapat dijadikan salah satu event untuk menarik wisatawan ke Rupat utara. Khususnya wisatawan dari Malaysia karena memiliki kesamaan budaya dan jarak tempuh yang dekat." kata Roni. 

Ia menjelaskan, bahwa Pulau Rupat utara adalah sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Untuk itu pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk menjadikan kawasan Rupat sebagai beranda pariwisata Indonesia.

"Menparekraf akan menjadikan Pulau Rupat utara sebagai beranda pariwisata Indonesia. Rencana ini sedang dibahas secara khusus untuk pengembangannya di tingkat nasional," ucap Roni. 

Pemerintah provinsi Riau juga telah menetapkan Pulau Rupat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi dan menjadi fokus untuk pembangunan sektor pariwisata Riau kedepannya."Selain agenda pariwisata Festival Mandi Safar, Pulau Rupat utara memiliki nilai sangat strategis, baik bagi Bengkalis maupun Riau. Memiliki pasir putih sepanjang 17 kilo meter. Berhadapan ke Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Port Dickson Malaysia."tutupnya. 

Bupati Bengkalis dalam sambutanya mengatakan  Kabupaten Bengkalis kaya akan sejarah budaya dan peradaban yang harus dilestarikan sebagai pelajaran berharga bagi anak cucu kita nantinya. "Kebudayaan dan seni dipandang sebagai salah satu dari dua kekuatan yang mampu menjadi landasan yang kokoh di masa depan, dalam menghadapi era digital saat ini," ujar Kasmarni.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama mendukung kawasan wisata, pariwisata di Pulau Rupat. "Selain minyak dan gas, salah satu harapan kita adalah sektor pariwisata. Dalam membangunnya tidak bisa sendiri, kita harus bersama-sama mengembangkan dan memajukannya," ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berkomitmen dalam menunjang potensi wisata di Pulau Rupat."Hal itu ditunjukkan dengan digesanya pembangunan infrastruktur di Pulau Rupat secara bertahap."Saat ini, kita juga sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bengkalis yang akan menjadi pedoman utama dalam pengelolaan Pariwisata Kabupaten Bengkalis, sehingga pembangunan destinasi pariwisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata di Pulau Rupat, bisa kita wujudkan bersama," jelasnya.

"Untuk itu, mari kita bersama berdoa dan berikhtiar supaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis bisa tetap berkomitmen dan dilancarkan segala usaha yang dilakukan dalam menunjang pariwisata di Pulau Rupat yang lebih baik kedepannya," ajak Bupati Kasmarni.

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com