Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Thursday, 29 Sep 2022, 18:48
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Bengkalis

Festival Jong Layo Meriahkan Hari Jadi Desa Teluk Lecah ke 207 Tahun.

Senin, 19 September 2022
Dibaca : 18 kali

RUPAT - Suara Riau Pos Com.

Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Teluk Lecah 207 tahun dan Mandi Safaar, Pemerintah Desa Teluk Lecah, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis-Riau, menggelar Festival jong layo se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 Di Pantai Desa Teluk lecah Minggu (18/09/22).

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilangsungkan bertempat dipantai teluk lecah, Kecamatan Rupat.

Dimana dalam permainan khas rakyat, Jong layo terdiri dari dua kategori yakni  yang besar diikuti oleh 86 peserta, sedangkan untuk jong layo sedang diikuti 98 peserta dua katagori.

Tujuan dilaksanakannya serangkaian peringatan hari jadi desa Teluk Lecah ini adalah untuk membangun pariwisata magruf dan pantai pasang sesuai dengan program bermasa yang telah dicanangkan oleh Bupati Bengkalis, Ibu Kasmarni.

Dalam kesempatan yang sama, juga sekaligus akan digelar prosesi mandi safaar yang merupakan upaya promosi untuk mengenalkan keanekaragam kekayaan budaya melayu yang dimiliki oleh masyarakat yang mendiami wilayah Desa Teluk Lecah pada umumnya maupun Kabupaten Bengkalis khususnya.

Selain itu, turut juga dilaksanakan berbagai permainan seperti, Layang-layang, memancing, di daratnya buat ketupat, kukur kelape, tarik upih, malam saparnye lomba tarian melayu malam rabunya.

Kades Teluk Lecah, Ali Nasikin, S.Pd sangat mengapresiasi adanya pelaksanaan festival Jong layo se-Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakannya di Desa Teluk Lecah dalam rangka memperingati hari jadi Desa Teluk Lecah ke 207 tahun 2022.

Selain itu, ujarnya dalam kesempatan hari jadi Desa tersebut juga akan dilaksanakan prosesi mandi safaar yang merupakan kegiatan tahunan pemerintah Desa Teluk Lecah.

"Sehingga akhirnya dapat melestarikan nilai-nilai budaya melayu serta kearifan lokal, agar dikenal generasi muda yang akan datang sekaligus membentengi pengaruh budaya dari luar," kata Kades Ali Nasikin S.Pd.

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com