Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Thursday, 29 Sep 2022, 17:21
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
SAROLANGUN

Diduga SMPN 36 Sarolangun kurang Diminati

Sabtu, 16 Juli 2022
Dibaca : 142 kali

Sarolangun - Jambi, Sekolah didaerah padat penduduk mengalami kekurangan murid yang berdampak tidak disalurkan dana BOS. Hal itu juga dialami oleh SMPN 36 sarolangun yang sepi peminat. Pasalnya, sekolah yang masih berlokasi dipusat kota sarolangun pada tahun ajaran 2022 - 2023 hanya menerima 12 siswa yang mendaftar ketika daftar ulang hanya 10 orang peserta didik yang ingin menimba ilmu pengetahuan di Sekolah itu. 

Dalam hal sekolah sepi peminat baru ini kementerian didesak untuk memaksimalkan fungsi pengawas sekolah,

"Kepala sekolah dan guru harus bisa berinovasi. Brendingnya diperlukan karena setiap guru harus punya itu. Kepala sekolah harus memberikan tugas kepada guru untuk membuat Konsep guna membuat terobosan supaya sekolah bisa punya nama sebagai salah satu daya tarik bagi masyarakat bukan hanya monoton saja dan haruslah berinovasi. Kebetulan saya juga pernah menjadi Kepala sekolah".Kata Elmiaty Pengawas tingkat SMP. 

Elmiaty juga menambahkan bahwa salah satu solusi adalah diterbitkannya pembatasan Roombel pada setiap sekolah agar tidak monopoli dalam rekuitmen peserta didik. 

Sisi lain, Pemerintah melalui dinas terkait harus terus melakukan pengawasan tidak bisa sebatas online atau daring. Sebab, situasi faktual dilapangan perlu diketahui sehingga tidak muncul kebijakan yang merugikan sebagian pihak peserta didik. 

KaDisdikbud Sarolangun beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa sekolah harus berinovasi dan giat dalam promosi,

"Bagaimana bisa maju jika tidak ada inovasi. Tonjolkan program unggulan sehingga masyarakat tahu akan kualitas sekolah yang bersangkutan. Jadi, inovasi itu sangat perlu. Analoginya Ibarat orang jual martabak harus pakai keju sehingga cita rasanya beda dari martabak biasa"(redl). Kata Helmi, SH, MH KaDisdikbud Sarolangun. 

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 36 menyampaikan bahwa fasilitas di sekolahnya tidak kalah dengan sekolah lain, 

"Kita ada fasilitas Computer, drumband dan lainnya. Dan program ekstrakurikuler kita religius dan budaya. Namun semua itu tidak akan jalan kalau kita tidak ada dananya".Kata Hamrizal, S. Ag Kepsek SMPN 36 Sarolangun. 

Disamping produktifitas dan mutu pendidikan di Sekolah perlu juga dilakukan sistem pengelolaan penerapan manajemen berbasis sekolah dan perbaikan serta peningkatan mutu pendidikan secara terus menerus dan berkesinambungan. (nal)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com