Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Kabupaten Tegal      Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     Kabupaten Bener Meriah     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Thursday, 26 May 2022, 00:08
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Jambi

Sarolangun Kembali Raih Opini WTP Yang Ke 6 BPK RI

Jum'at, 13 Mei 2022
Dibaca : 57 kali

Sarolangun, Kabupaten Sarolangun kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021. Pasalnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jambi menyerahkan LHP atas LKPD Sarolangun 2021 ini di aula Kantor BPK perwakilan Jambi. Jumat (13/05).

Kado terindah, Dipenghujung Duaet CE - Hil Opini WTP yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun yang ke enam kalinya,

"Saya merasa berkesan sekali, yang mana dalam satu minggu lagi masa jabatan kami berakhir. Sebenarnya saya takut datang ke sini. Tapi saya diyakinkan Kepala BPK Jambi, agar tetap datang ke sini". Kata Drs.H.Cek Endra.

H.Cek Endra menambahkan, untuk kembali meraih WTP mudah didapatkan, akan tetapi untuk mempertahankannya sulit. Cek Endra juga meminta agar BPK selalu memberi arahan kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam membuat laporan akuntabilitas yang baik dan yang benar,

"Kami sangat berterimakasih, Tak hanya WTP yang kami dapatkan, namun bagaimana caranya untuk membuat laporan keungan yang sesuai dengan aturan yang ada.Dan Kami tentunya selalu butuh konsultasi kepada BPK. kami berharap terkait mengenai anggaran kami semoga selalu dapat bisa berkonsultasi".Tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari SE juga menjelaskan bahwasanya pemeriksaan keuangan oleh BPK perwakilan Jambi dilakukan secara inten,

"Ini pada akhirnya kami kembali mendapatkan WTP keenam kalinya. Kedepan, Siapapun nanti PJ bupatinya, kami akan memaksimalkan kerja sama, agar WTP ini tetap dipertahankan untuk tahun depan,". Kata Tantowi Jauhari.

Dengan mendapatkan opini WTP keenam kalinya, ini menunjukan Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dan sebaik-baiknya.

Disamping itu, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Rio Tirta SE, M Acc, CSFA, menjelaskan pihaknya masih menemukan beberapa kelemahan sistem serta ketidakpatuhan menjalankan perundang-undangan.

"Kami menumukan adanya kesalahan penyampaian penganggaran dalam belanja pegawai dan belanja barang oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun," kata Rio.

Lalu juga BPK menemukan adanya pengelolaan kas di Bendahara Pengeluaran tidak memadai pada delapan OPD.

"Penatausahaan aset tetap tanah tidak sesuai ketentuan terkait pengelolaan barang milik daerah. Juga peralatan dan mesin tidak diketahui keberadaannya serta penatausahaan aset tetap peralatan dan mesin tidak sesuai ketentuan," paparnya.

Serta terakhir ditemukan pula Penatausahaan aset tetap jalan, irigasi, dan jaringan tidak sesuai ketentuan terkait pengelolaan barang milik daerah.

"Kami BPK menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun yang mana telah bekerja sama menyelesaikan ini," katanya.

Dirinya pun berharap agar hasil pemeriksaan yang telah disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

"Secara bersama-sama selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel," pungkasnya. (nal/con)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com