Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     SAROLANGUN      Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Rokan Hulu     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Padang     Payakumbuh     TANAH DATAR      Kota Bekasi     Edukasi Asuransi Lifepal     Kabupaten Aceh Tengah     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     TNI      Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Propinsi Papua     POLRI     DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Kabupaten Bener Meriah     Padang Panjang      Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Nasional     Kepulauan Riau  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 26 Sep 2022, 04:49
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Sumatra Barat

Tingkatkan Sumber Daya Pariwisata, Nota Kerjasama Pemkab Tanah Datar dengan STP Bandung

Rabu, 12 Januari 2022
Dibaca : 338 kali

Batusangkar, Kab : Tanah Datar - Sarpos | Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tanda tangani Nota Kesepakatan Kerjasama terkait dengan Percepatan Pengembangan Destinasi Wisata Kabupaten Tanah Datar dengan pihak Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Nota Kerjasama ini ditanda tangani langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Plt. Ketua STP Bandung Andar Danova L Goeltom, Rabu (12/1) di Aula Convention Hall Gedung Mandala Wangi Lantai 2 STP Bandung. 

Adapun tujuan dilaksanakannya kesepakatan ini dalam rangka pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, dan percepatan pengembangan destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar, dengan ruang lingkup penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang kepariwisataan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Tanah Datar. 

Selain itu juga pelaksanaan penelitian, pemberdayaan dan pengabdian masyarakat di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif untuk mengembangkan sektor kepariwisataan yang meliputi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya lokal. 

Didalam nota kesepakatan tersebut juga dituangkan tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak. Kabupaten Tanah Datar sebagai pihak pertama mempunyai tugas dan tanggungjawab diantaranya memfasilitasi STP Bandung dalam melakukan seleksi calon mahasiswa, mengoordinasikan lokasi/tempat bagi STP Bandung dalam rangka penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, serta mensosialisasikan dan mempromosikan pelaksanaan program pendidikan pihak STP Bandung.

Sementara STP Bandung sebagai pihak kedua mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menerima calon mahasiswa hasil seleksi untuk mengikuti pendidikan, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang kepariwisataan di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Tidak sampai disitu, pihak STP Bandung juga harus menyediakan data dan informasi yang diperlukan oleh Pemda Tanah Datar dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan dalam nota kesepakatan ini kecuali data yang bersifat rahasia, mendukung program kerja Pemda Tanah Datar dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata, serta melaksanakan bimbingan teknis, kursus singkat, dan/atau diklat bidang kepariwisataan bagi Pemda Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya dikesempatan itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Plt. Ketua STP Bandung beserta seluruh jajarannya yang telah menerima dengan baik kedatangannya bersama rombongan. 

"Atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar Saya sangat berterimakasih dan apresiasi kepada STP Bandung yang telah berkenan melakukan kerjasama dalam pengembangan kepariwisataan di Tanah Datar," ujar Eka Putra.

Lebih jauh disampaikan Bupati Eka Putra, bahwa pemerintah Kabupaten Tanah Datar bangga dengan adanya kerjasama ini, terlebih lagi kepercayaan yang diberikan oleh pihak STP Bandung. 

"Dengan adanya kesepakatan kerjasama ini merupakan bukti keseriusan kami untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di Tanah Datar. Ini juga merupakan langkah dalam pencapaian program unggulan satu nagari satu event, yang akan memicu aktifnya kembali sanggar-sanggar kesenian tradisional yang ada di tiap-tiap nagari di Tanah Datar, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan," ungkap Bupati Eka. 

Dijelaskan Bupati Eka, Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi wisata yang jumlahnya lebih 190 objek wisata. Yang meliputi wisata alam, sejarah, budaya, atraksi tradisional, kuliner juga wisata dengan minat khusus, 

"Kedepan kami memiliki mimpi untuk mengembangkan dua objek wisata yang sangat bagus, yakni Aur Serumpun dengan view danau Singkarak yang sangat indah dan objek wisata Tanjung Mutiara yang terdapat di pinggir danau Singkarak. Kedua objek ini rencananya akan dihubungkan oleh kereta gantung dan masing-masingnya punya stasiun penumpang," terang Bupati Eka.

Sementara Plt. Ketua STP Bandung Andar Danova L Goeltom dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa kedatangan Bupati Tanah Datar bersama seluruh rombongan ke tanah Parahyangan ini merupakan sebuah kehormatan bagi pihak STP Bandung dalam menyambutnya. 

Andar Danova L Goeltom juga ungkapkan pihaknya sangat menyambut baik kerjasama strategis dengan kabupaten Tanah Datar. 

Diterangkan Andar Danova L Goeltom bahwa STP Bandung adalah satu Institusi Pendidikan dibawah Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang tugas-nya adalah penyelenggaran pendidikan Vokasi dan Akademik di bidang Kepariwisataaan (Tourism), Perjalanan (Travel) dan Hospitalitas (Hospitality) serta fungsi utama kepada TriDharma Perguruan Tinggi dan penjaminan mutu pendidikan dan administrasi akademik.

"Tentunya dengan kerjasama ini diharapkan mampu menjawab pengembangan Pariwisata Nasional, khususnya tantangan kedepan pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata baik di kabupaten Tanah Datar maupun di STP Bandung dalam menjawab tuntutan dan perubahan zaman yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian," kata Andar Danova L Goeltom.

Selanjutnya Andar Danova L Goeltom juga harapkan kerjasama strategis Kabupaten Tanah Datar dan STP Bandung mampu menjawab tantangan lainnya yaitu pengembangan pariwisata di wilayah Tanah Datar melalui penelitian terapan dan pengabdian masyarakat, baik yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa serta capacity building pengembangan kompetensi serta keahlian melalui pelatihan, bimtek, diklat pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada kesempatan itu juga hadir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto, Kadis Parpora Abdul Hakim, Kepala Baperlitbang Alfian Jamra, Kadis Perkim LH Desi Trikorina, Kabag Hukum Audia Safitri, Kabag Perekonomian Masni Yuletri, Kabag Pokopim Dedi Tri Widono, Kabag Umum Sofa Nova Budianto, Kabag Pemerintahan Abdurrahman Hadi, Kabid Pariwisata Efrison. Sementara dari pihak STP Bandung juga hadir Kabag Administrasi Umum Nina Supriadi, Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik Erfin Roesfian, Pembantu Ketua 2 Bidang Umum Budi Setiawan, Pembantu Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan Er Ummi Kalsum, Pembantu Ketua 4 Bidang Kerjasama dan Penjaminan Kualitas Haryadi Darmawan dan jajaran lainnya. (Sarpos / emtt /proko)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com