Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 26 Oct 2021, 12:03
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Pendidikan

MAHASISWA KUKERTA BALEK KAMPUNG UNRI MELAKSANAKAN PEMBUATAN DAN PEMBAGIAN HANDSANITIZER ALAMI KEPADA MASYARAKAT DESA CANDI REJO

Kamis, 12 Agustus 2021
Dibaca : 65 kali

Hari/Tanggal : Kamis, 12 Agustus 2021

Jam : 09.00 WIB

Penulis : Susi Yamti.

Dengan melihat permasalahan yang terjadi akibat menurunnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya edukasi menjaga kebersihan saat dalam masa pandemi. 

Untuk itu Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 yang berjumlah sepuluh orang berinisiatif untuk melaksanakan salah satu kegiatan program kerja KKN Univesitas Riau di Desa candi rejo, kecamatan Pasir Penyu, kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau yaitu membuat Hand Sanitizer sendiri dengan menggunakan bahan alami seperti Lidah Buaya dan Alkohol. 

Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih yang utama untuk Kepala Desa yang telah memberikan izin kepada kami dan menyambut baik kegiatan pembuatan hand sanitizer sehingga dapat terlaksana, ucapan terimakasih juga kepada ibu ibu PKK yang telah memberikan inspirasi dan memberikan ide kepada kami untuk melaksanakan pembuatan hand sanitizer yang sangat bermanfaat bagi masyarakat desa Candi Rejo.

Hand sanitizer ini dapat dibuat sendiri di rumah untuk digunakan sendiri bersama keluarga atau juga bisa dijual kembali ujar salah satu anggota Kukerta (Susi Yamti).

Selain itu, pembuatan hand sanitizer ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga juga, melihat saat ini kondisi ekonomi menurun drastis karena dampak Covid-19 menjadi banyak tempat usaha yang tutup hingga pemutusan hubungan kerja. 

Hand sanitizer yang dibuat pada kegiatan ini adalah hand sanitizer dengan bahan aktif alkohol dimana alkohol dengan konsentrasi 70 persen yang cukup efektif membunuh sebgian besar bakteri, jamur atau virus.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di masyarakat saat ini masih terus beranjak naik. Masih banyak masyarakat yang tidak taat anjuran Pemerintah untuk menerapkan Protokol Kesehatan saat di luar rumah atau saat menjalani kegiatan di luar. Masih banyak masyarakat yang jarang memakai masker, berkerumun dan tidak jaga jarak apalagi lupa mencuci tangan. 

Untuk mengatasi masalah ini pemerintah menghimbau masyarakat untuk bekerja, sekolah dan melakukan aktivitas di rumah serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan rajin menggunakan hand sanitizer jika berada diluar rumah untuk mencegah virus menempel pada tubuh yang kemungkinan berada ditangan seseorang. 

Umumnya hand sanitizer dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang mungkin saja sangat berbahaya untuk kulit jika digunakan secara berlebihan. 

Sosialisasi ini mengedukasi masyarakat bagaimana membuat hand sanitizer dengan bahan alami yang aman untuk kulit dan tidak membuat kulit kering dan mengalami iritasi. 

Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan dari pasar dan pekarangan rumah karena berbahan dasar alami yaitu lidah buaya dan alkohol.

Selain sosialisasi pembuatan hand sanitizer, Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI juga membagikan hand sanitizer alami secara gratis kepada masyarakat sekitar desa Candi Rejo.

Pembagian Hand Sanitizer

Hand sanitizer ini dikemas dalam botol 60 ml. Hand sanitizer ini dibagikan secara langsung kepada masyarakat terutama kepada Bapak kepala desa beserta perangkat desa lainnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan, salah satunya menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. 

Meningkatkan kesadaran dan kebiasaan membersihkan tangan adalah hal yang sangat penting agar tidak saling menularkan penyakit antar manusia satu dengan lainnya.

Bapak Kepala Desa, Pak Achmadi (50Th) memberi tanggapan positif tentang pelaksanaan kegiatan ini. "Saya mewakili seluruh perangkat desa mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa UNRI yang sudah melaksanakan program kerja pembuatan hand sanitizer ini, karena dengan adanya program ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dimasa pandemi, baik didalam maupun diluar rumah. Hand sanitizer ini sangat membantu bagi masyarakat yang sekira jika ingin keluar rumah dan tidak terdapat tempat cuci tangan, maka hand sanitizer ini bisa menjadi penggantinya".

SIMPULAN

Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik dan masyarakat telah teredukasi akan pentingnya hidup bersih dan sehat guna menghindari penyebaran virus corona yang salah satunya dengan penggunaan hand sanitizer.

UCAPAN TERIMA KASIH 

Tim penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu-ibu PKK Desa Candi Rajo yang telah memberikan inspirasi dan ide sehingga kegiatan pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik.

Terkait

IKLAN

Selasa, 17 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Senin, 16 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Minggu, 15 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Sabtu, 14 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Jum'at, 13 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Kamis, 12 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Rabu, 11 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
Selasa, 10 Agustus 2021
Bersama Cegah Stunting Itu Penting
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com