Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 21 Apr 2021, 23:13
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Bengkalis

Bupati Kasmarni Resmikan Makam Sutan Betuah Wilayah Sutan Betuah 5 Dan 8 Masyarakat Sakai.

Rabu, 7 April 2021
Dibaca : 11 kali

DURI : Suara Riau Pos Com.

"Dari Pekanbaru ke Bathin Solapan, Jalanan Padat Tak Boleh Laju, Makam Sutan Betuah kita Resmikan, Bukti Sejarah buat anak dan cucu" Demikian bait pantun yang disampaikan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni saat meresmikan makam Sutan bertuah, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Rabu (7/4/2021).

Peresmian makam tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti makam Sutan bertuah wilayah Sutan betuah 5 dan 8 oleh Bupati Bengkalis.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis menyampaikan terimakasih kepada pihak SKK Migas dan PT CPI atas bantuan dan dukungannya dalam pelestarian dan pengembangan nilai seni dan budaya suku Sakai yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Melalui kegiatan pemugaran makam Sutan betuah wilayah Sutan betuah 5 dan 8 Sakai. Mudah-mudahan makam ini dapat menjadi bukti autentik cerita sejarah nenek moyang Sakai di Kabupaten Bengkalis," ujar Kasmarni.

Dengan dikembangkannya makam ini, diharapkan kepada anak cucu Sakai juga bisa merawat dan menjaganya. Namun bukan sebatas merawat saja, selalu ziarah ke makam, kirimkan Al-Fatiha untuk almarhum.

"Berziarah bukan hanya untuk menginternalisasi nilai kematian pada diri kita sendiri, namun juga membantu mengenali asal usul kita dan menyadari bahwa kita tidak sendirian. Untuk itu kita perlu membangun relasi sosial dan mempererat ikatan kekeluargaan yang disatukan oleh garis keturunan yang sama," ungkapnya.

Kepala Daerah Bengkalis juga berpesan, bahwa apa yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari upaya memperkokoh kedudukan kader muda Sakai, apalagi kini telah memasuki era global, kita tidak boleh lepas dari apa yang menjadi sejarah dan cikal bakal leluhur kita, dengan tujuan agar kita dan anak cucu kita kedepannya tahu, inilah Sutan betuah salah satu tokoh pemimpin Sakai.

"Momentum ini juga diharapkan menambah kecintaan kita kepada leluhur, ingat dengan leluhur dan membuat kita terinspirasi dalam memajukan Sakai di Kabupaten Bengkalis, dan terus tingkatkan kolaborasi, minta petuah dan petunjuk untuk mengembangkan serta membangun seni budaya Melayu di Bengkalis," kata Kepala Daerah. (Ris/Nita).

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com