Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 09 Mar 2021, 05:59
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Indragiri Hilir

Bupati Inhil HM.Wardan Degarkan Pengarahan Presiden RI Kendalikan Karhutlah.

Senin, 22 Februari 2021
Dibaca : 25 kali

Suarariaupos.com | Inhil - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP bersama Unsur Forkopimda menghadiri Video Converence (Vidcon) Pengarahan Presiden RI tentang Pengendalian Karhutla Tahun 2021, Senin (22/2/2021).

Bertempat di Ruang Multimedia Diskominfo PS Kabupaten Inhil, turut hadir Kepala BPBD, Kepala Dishub, Pihak Satpol PP, dan Pihak Dinas Perkebunan.

Sementara itu, Gubernur Riau, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Kalimantan Tengah hadir secara langsung di Istana Negara RI.

Presiden, Ir H Joko Widodo menyebutkan tujuan pengarahan ini adalah untuk mengingatkan agar para pemangku kepentingan tidak lupa pada aturan main yang sudah disepakati pada tahun 2016.

"Kesepakatannya adalah bagi Pangdam, Danrem, dan Kapolda, jika di daerah Saudara terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka akan dicopot dari jabatan," tegas Presiden.

Meski saat ini terjadi bencana alam lain seperti longsor, banjir, dan sebagainya, menurut Presiden kewaspadaan terhadap kearhutla tidak boleh kendor.

"Perkuat sinergi dan eksekusi lapangan yang semakin intensif. Diperkirakan Bulan Mei menjadi fase transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Namun pada Bulan Februari ini di Sumatera sudah berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena cuaca di wilayah Sumatera sangat panas. Puncaknya nanti Agustus dan September, maka dipersiapkan betul untuk menghadapi musim kemarau ini," papar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden menginstruksikan beberapa langkah penanganan karhutla:

1. Prioritaskan upaya pencegahan

2. Manajemen lapangan harus terkonsolidasi

3. Lakukan monitoring di area yang rawan hotspot

4. Berikan edukasi terus menerus kepada masyarakat dan perusahaan

5. Ajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjelaskan bahaya dan dampak karhutla

6. Mencari solusi yang permanen untuk mencegah karhutla ke depannya

7. Penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut terus dilakukan

8. Jangan biarkan api membesar sehingga sulit dikendalikan

9. angkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi

Usai pengarahan dari Presiden, Bupati melakukan diskusi bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil membahas tentang titik hotspot yang ada di Inhil serta penanggulangannya.

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com