Entertainment     INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 09 Mar 2021, 06:09
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Bengkalis

Puskesmas Balai Makam: Bentuk Kader Konselor Untuk Remaja Melalui PKPR.

Kamis, 18 Februari 2021
Dibaca : 12 kali

BATHIN SOALAPAN : Suara Riau Pos.Com.

Tim kesehatan Puskesmas Balai Makam Desa Tambusai Batang Dui Kecamatan Bathin Solapan menggelar sosialisasi advokasi Pembentukan kader kesehatan dan konselor sebaya bagi remaja di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) .Bertempat lantai II Puskesmas Balai Makam Kamis (18/02) pagi sekira pukul 09.00.Wib.

Kegiatan tersebut diisi oleh tim kesehatan, yaitu Ibu Ns.Uli Fauziah dan Vera Helena Syahrul, Giat tersebut secara resmi dibuka oleh Ka.UPT Puskesmas Balai Makam drg.Novi Nurmayanty.

Adapaun peserta yang hadir sebanyak 33 orang terdiri dari guru BK, Guru UKS, Guru kesiswaan, Operator Mts,Kader Posyandu,Ketua Kader, Guru BK SMPN, Guru SMAS, Guru BK SMAN, Guru BM dan Pembina Osis serta sejumlah ketua koordinator Posyandu di 7 Desa.

Sementara drg.Novi Nurmayanty menyampaikan kepada Media bahwa Puskesmas Balai Makam melaksanakan giat tersebut sasaranya adalah para kader posyandu dan para guru yang nantinya dapat memberikan penyuluhan kesehatan peduli remaja (PKPR) di 7 wilayah desa Kecamatan Bathin Solapan, bertujuan menyiapkan kader-kader yang bisa menjadi teman konselor bagi teman sebaya dan diharapkan para kader posyandu bisa membantu teman-temanya yang membutuhkan bantuan dalam berkaitan masalah remaja atau menjadi teman curhat bagi teman sebaya.

Kenapa kami peduli dan membentuk PKPR Jelas drg.Novi, Karena kami mau menurunkan kasus yang berkaitan dgn reproduksi remaja, seperti menikah diusia muda atau menurunkan angka kejadian penyakit menular seperti IMS (Infeksi Menular Seksual) dikalangan remaja dll sebagainya,

"Dengan diadakanya Sosalisasi ini diharpakan para kader nanti bisa memberikan penyuluhan kesehatan peduli remaja (PKPR) disetiap desa bisa terbentuk.Selain itu, dengan terbentuknya kader PKPR nantinya mereka bisa mengajari keluarga dan masyarakat tentang bahayanya penyakit HIV Aids dan penyakit menular lainnya akibat seks bebas serta melakukan penjegahan penyebaran virus corona (Covid-19),” jelasnya.

drg Novi juga menambahkan bahwa dalam materi pelatihan kader kesehatan bagi remaja tim kesehatan Puskesmas Balai Makam juga menyampaikan bahwa bagaimana prosedur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang sebenarnya.

Menurutnya,"masa remaja seperti usia remaja saat duduk di bangku sekolah ini sangat memerlukan wawasan betapa pentingnya bagi kesehatan reproduksi. Sehingga para siswa nantinya dapat memahami sikap dan perilaku sehari-hari dapat berefek dengan kualitas kesehatan reproduksi dan tentunya kehidupan mereka di masa mendatang.

“Disini Para remaja nantinya bisa berpikir sebelum bertindak demi kesehatan di masa tua. Kebanyakan Remaja Sudah Hamil di usia muda ,atau sebelum waktunya. Dampak Hamil diusia Muda Dapat Dirasakan oleh Ibu dan Juga Bayinya . 

"Banyak sekali dampak dari seks bebas dan juga hamil muda yang tidak bisa di tuliskan secara rinci. Diharapkan para remaja di kalangan milenial dapat berpikir dahulu sebelum bertindak, dan juga semoga dengan adanya sosialisasi ini , tidak akan ada lagi seks bebas dan remaja hamil muda pada zaman milenial ini . Kami harapkan dengan ini para remaja nantinya dapat menjaga Kesehatan hingga masa lanjut usia nanti," beber drg.Novi Nurmayanty mengakhiri.

Sementara itu, salah satu peserta sosalisasi ibu Nurhayati sebagai koordinator Posyandu Desa Tambusai Batang Dui mengaku infromasi yang disampaikan tim kesehatan Puskesmas Balai makam sangatlah bermanfaat baginya. Selain membantu menambah wawasan tentang pentingnya kesehatan untuk meningkatkan konsentrasi belajar, juga wawasan tentang kesehatan reproduksi untuk anak anak remaja.

Sebab sosialisasi Ini penting bagi orang-orang yang belum paham akan apa itu kesehatan reproduksi, Jadi disini kami dapat mempelajari cara mencegah terjadinya seks bebas dikalangan remaja , Dampak Dan Kerugian pada diri sendiri dari seks bebas. dan kami juga dapat mengetahui organ-organ tentang sistem reproduksi. Selain Itu Kami juga belajar dan juga kami nanti akan membina remaja remaja didesa apa itu pentingnya kesehatan ini harapan kita bersama,"pungkas Nurhayati."tutupnya. (R.Nita).

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com