INTERNATIONAL     OLAHRAGA     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Entertainment     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     Nasional     HUKUM DAN KRIMINAL  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Friday, 04 Dec 2020, 20:29
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Agam

DISTAN AGAM TETAP KONSISTEN JALAN KAN PROGRAM AGAM MENYEMAI

Selasa, 17 November 2020
Dibaca : 11 kali

Agam, suarariaupos.com | Dalam membantu petani untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat petani pada umum nya, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam masih tetap konsisten dalam menjalankan salah satu program cerdas Kabupaten Agam, yaitu Agam Menyemai.

Semangat dari program cerdas yang dicanangkan oleh Bupati Agam itu, dengan jargon “yang di laman untuak dimakan,yang di parak untuak ka pakan” itu masih terlaksana dengan baik di tengah masyarakat Agam. dalam mendukung hal itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arif Restu, menyalurkan bantuan benih sayuran dan buahan kepada kelompok -kelompok tani se Kabupaten Agam.

Kepada Suara Riau Pos,Selasa, (17/11), Kepala Distan Agam Arief Restu mengatakan, benih sayuran dan buahan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat, yang terdiri dari 16 jenis komoditi sayuran dan buahan.

Diantaranya, melon, pepaya, semangka, jagung manis, mentimun, terong, bayam, cabai rawit, cabai kriting, sawi hijau, kangkung, paria, tomat, gambas, buncis, dan kacang panjang.

“Bantuan ini bertujuan untuk membantu para petani yang terdampak Covid-19, ” ujarnya.

Dijelaskan, Agam Menyemai adalah ajakan kepada masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah atau pekarangan di sekitar tempat tinggal sebagai sumber penyedia pangan, khususnya sayuran dan buah-buahan.

“Dimasa pandemi Covid-19, dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, maka dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh dalam melawan serangan virus,” jelasnya.

Selain menyalurkan bantuan, pihaknya juga memberikan motivasi dan mensosialisasikan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada kelompok tani.

“Dalam penanggulangan dampak Covid-19, dibutuhkan rumah tangga yang mandiri dalam penyedia kebutuhan pangan keluarga,” tambahnya.

Arief Restu mengajak masyarakat agar memanfaatkan halaman atau perkarangan rumah dengan menanam tanaman produktif, guna mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan benih sayuran tersebut di 6 kecamatan, diantaranya yaitu, Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Palembayan, Malalak dan Tanjung Raya.

“Kedepannya bantuan ini akan disalurkan secara berkesinambungan kepada kelompok-kelompok tani di kecamatan lainnya,”jelasnya.(Lilik)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com