INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Entertainment     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 21 Oct 2020, 03:33
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Agam

SATU KUNCUP BUNGA BANGKAI DI LUBUK BASUNG GAGAL MEKAR.

Rabu, 14 Oktober 2020
Dilihat : 18 kali

 

Agam sarpos

 

Akibat faktor cuaca yang sangat panas serta lokasi tumbuh yang berada di tempat terbuka, satu kuncup Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum) di Lolong, Jorong Balai Ahad, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gagal mekar.

 

Pengendali Ekosistim Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ade Putra ,Rabun,(13/10), mengatakan, bunga langka yang dilindungi tersebut ditemukan tumbuh di kawasan Perumahan Yumira.

 

Dikatakan Ade Putra, tumbuhnya Bunga Bangkai itu berkemungkinan kawasan tersebut dulunya mememiliki vegetasi yang baik dan rapat.

 

“ Bunga bangkai hanya dapat tumbuh di daerah dengan kelembaban yang cukup tinggi,” ujarnya.

 

Diketahui, tanaman langka itu gagal mekar akibat dirusak oleh faktor cuaca yang sangat panas dan lokasi tumbuh berada di tempat terbuka.

 

“Bunga bangkai ini menjelang mekar sempurna namun gagal bakal mekar beberapa hari kedepan, kini sudah tampak layu,” katanya lagi.

 

Menurut keterangan pemilik lokasi tempat bunga tumbuh, sejak terlihat beberapa minggu yang lalu, bunga tersebut sering disentuh dan dijadikan objek foto oleh pengunjung dan warga sekitar.

 

“Banyak yang datang ada yang berfoto ada juga yang mencoba menyentuh,” lanjutnya.

 

Lokasi tumbuhnya bunga berada di tanah berpasir, biasanya tanaman tersebut tumbuh di kawasan yang mempunyai humus yang banyak atau berwarna hitam.

 

Dijelaskan Ade, Bunga Bangkai atau yang juga dikenal dengan istilah Titan Arum, zaminkand, atau corpse flower merupakan salah satu bunga terbesar dan terunik di dunia.

 

Disebut Bunga Bakai, imbuh Adr, karena saat bunga ini mekar, ia akan mengeluarkan bau menyengat yang menyerupai bangkai. Bau yang menyengat ini ditujukan untuk menarik serangga pemangsa bangkai seperti lalat, kumbang, dan serangga karnivora lainnya.

 

“Di Indonesia tanaman ini dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya,” ucap Ade ..(Lilik)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com