INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Entertainment     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Saturday, 24 Oct 2020, 19:10
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Siak

Bagus Santoso; Agar Petani Maju Idealnya Setiap Desa Satu Orang PPL.

Rabu, 23 September 2020
Dibaca : 127 kali
Foto : Bagus Santoso bersama anggota Gapoktan dan Poktan seusai acara sosilaisai pupuk subsidi

Siak Kecil, suarariaupos.com | Kebutuhan tenaga penyuluh sangat diperlukan untuk memberi wawasan dan informasi terbaru mengenai dunia pertanian. 

Kebutuhan pendampingan yang sangat mendesak sekarang ini adalah perlunya bimbingan PPL kepada petani untuk mendapatkan informasi lengkap terutama cara mendapatkan pupuk subsidi. 

" Tolong diusahakan setiap desa diangkat PPL, kami petani tak paham betol mengurusnya. Biarlah petani fokus berkebun tetek bengek administrasi bantulah kami dampingi kami satu desa satu orang penyuluh. " harap dan keluh Jumani mewakili kelompok tani ( Poktan) desa Langkat.

Hal tersebut disampaikan Jumani terkait adanya kendala yang dihadapi saat ini oleh petani yaitu membuat data diri kartu tani. Padaa acara sosialisasi pupuk subsidi yang digelar Kopasanda bekerjasama dengan UPT Dinas Tanaman Pangan SIak Kecil (23/9) di Desa Sungai Siput.

Dengan kebijakan pemerintah terbaru, untuk mendapatkan pupuk subsidi petani harus memiliki identitas Kartu Tani. Hanya saja, petani masih banyak kebingungan terkait administrasi yang harus dipenuhi. 

Kepala UPT Tanaman Pangan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Astud Iponi mengakui jumlah PPL tidak sebanding dengan jumlah desa. Untuk itu dalam keterbatasan tersebut Ia berharap petani dan PPL sama sama proaktif kerja keras dan ikhlas agar data petani bisa terinput semuanya.

" Kami sangat setuju dengan petani, agar ada penambahan lebih banyak tenaga penyuluh sehingga dapat membantu dan menyebarkan berbagai informasi tentang pertanian di Siak Kecil. Kita akan sampaikan ini kepada pimpinan" katanya.

Menanggapi keberadan dan terbatasnya jumlah PPL Bagus Santoso bakal Cawabup Bengkalis yang berpasangan dengan Kasmarni mengatakan bahwa PPL sangat menentukan dalam mendukung ketahanan pangan yang diprogramkan pemerintah. Sejatinya PPL adalah ujung tombak pemerintah.

" Mereka punya peranan strategis tidak hanya bertugas persoalan teknis. PPL juga bertugas merubah pola pandang petani menyesuaikan perkembangan zaman.

suka atau tidak suka karena ini kebutuhan, saya yakin siapapun pemimpin Bengkalis setuju jumlah tenaga PPL harus ditambah" kata Bagus Santoso.

Sebagai gambaran, saat ini tenaga penyuluh pertanian di Siak Kecil yang berstatus PNS hanya 4 orang, status tenaga honor 1 orang, Penyuluh THL TB Pusat 2 orang, Penyuluh THL Daerah 2 orang. Sedangkan jumlah desa di kecamatan Siak Kecil sebanyak 17. Khusus Siak Kecil idealnya membutuhkan 17 tenaga PPL. Sehingga bisa dengan mudah menyebarkan informasi tentang pertanian kepada petani yang tersebar di 17 desa. (Rilis).

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com