INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     Entertainment     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Saturday, 15 Aug 2020, 17:13
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Aksi Cepat Tanggap

10 Tahun Tidak Berqurban, Warga Sakai Sambut Gembira Qurban ACT

Sabtu, 1 Agustus 2020
Dilihat : 177 kali

Duri – suarariaupos.com | Idul adha 1441 H terasa berbeda bagi warga suku sakai, jembatan 2. Setelah 10 tahun lamanya tidak berqurban, warga dibuat bahagia dengan adanya penyembelihan qurban dari Global Qurban ACT dikampung mereka, Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan pada Jum’at, 31 Juli 2020.

Global Qurban ACT tiap tahunnya mendistribusikan daging qurban dengan menjangkau 34 provinsi dan 50 negara di dunia. Adapun tempat pendistribusianya mengutamakan wilayah yang sudah lama tidak berqurban, daerah terpencil atau pelosok, dan daerah-daerah yang tidak pernah merasakan nikmatnya daging qurban. Salah satu wilayah pendistribusian qurban ACT tahun ini yaitu kampung Sakai, jembatan 2. Suku asli kota duri ini berjumlah sebanyak 108 KK dan 260 jiwa.

Dikatakan Syahru selaku PIC program ACT Duri alasan memilih lokasi ini yaitu kampung tersebut sudah lama tidak berqurban, mereka sudah lama tidak merasakan suasana penyembelihan hewan qurban.

Hal yang sama dibenarkan oleh pak ucok selaku ketua RT 02 kampung sakai yang sudah 20 tahun tinggal disana.

“Kami sudah lama tidak berqurban, terakhir berqurban tahun 2010. 2 tahun ini warga hanya mendapatkan daging qurban bantuan dari masjid Duri. Kami bersyukur dengan adanya penyembelihan hewan qurban disini, selain mendapatkan daging kami juga bisa merasakan suasana penyembelihan itu seperti apa. Ini juga menumbuhkan semangat bergotong royong masyarakat, jelas pak ucok.”

Selanjutnya ditambahkan syahru alasan memilih wilayah kampung sakai ini yaitu sebagai bentuk syiar agama untuk warga setempat. Pengurus dan imam masjid Al-Ilham, masjid satu-satunya dikampung tersebut, bang Arfai menjelaskan bahwa pengetahuan masyarakat tentang keagamaan disini sangatlah kurang. Bang Fai panggilan warga setempat adalah pendatang yang mengabdikan dirinya dikampung tersebut untuk mengajarkan ilmu agama. selama pengabdiaanya ia merasakan betul bahwa warga sangatlah butuh ilmu dan pemahaman agama.

“Saya sangat bersyukur ACT Duri berqurban disini, karena banyak hal positif yang didapatkan masyarakat. Selain melahirkan sifat gotong royong masyarakat, pelaksanaan qurban disini juga mengajarkan mereka tentang proses penyembelihan qurban itu seperti apa. Jadi tidak hanya sosial yang mereka dapat, tapi juga syiar agamanya. Terang bang Fai.”

Penyembelihan qurban dikampung sakai ini dimulai dari penyembelihan, pencacahan daging, packing daging, hingga penyerahan daging secara langsung kepada warga. Semua proses ini dilakukan bersama warga setempat. 

Global Qurban ACT Duri mengucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah mempercayai ACT sebagai tempat berqurbannya tahun ini. Semoga ibadah qurban kita tahun ini diterima Allah SWT.

Terkait

IKLAN

Sabtu, 25 Juli 2020
'Munajat Dzulhijjah
Sabtu, 23 Mei 2020
Komunitas Kotak Amal
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com