INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Tuesday, 14 Jul 2020, 03:06
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Siak

Fenomena GMC Siak 2019 Pecahkan Rekor MURI

Jum'at, 27 Desember 2019
Dilihat : 253 kali

Siak- Bupati Siak Alfedri saat memberikan kata sambutan pada acara pembukaan Festival Gerhana Matahari Cincin 2019, di kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak, Kamis pagi, (26/12/2019)

"Sebagai umat yang beriman, dengan peristiwa ini sarana bagi kita untuk bertafakur atas betapa maha kuasanya Allah SWT yang menunjukkan apa yang telah terjadi di langit Kabupaten Siak, "katanya.

Di jelaskannya, kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera, momen Festival GMC merupakan bagian dari promosi pariwisata alam kabupaten Siak.

"Kami mengucapkan Terimakasih kepada pengunjung baik lokal maupun luar negeri yang datang ke kabupaten Siak, “ucapnya.

Lanjutnya, Gerhana matahari cincin ini merupakan fenomena alam langka yang terjadi antara 100 sampai dengan 300 tahun sekali di Indonesia. Tentunya untuk mendukung kegiatan ini, Pemkab Siak bekerjasama dengan semua pihak, melakukan sosialisasi tentang ilmu astronomi. Selanjutnya panitia mengadakan lomba fotografi, karya tulis yang berkaitan dengan momen GMC.

"Kami mengharapkan, momen GMC selain dapat memperkenalkan Siak di mata dunia, juga memperkenalkan daerah ini ke masyarakat luas, “terangnya.

DI jelaskannya, momen GMC 2019 juga di dukung penuh oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).  Dengan menampilkan stan Pameran, Planetarium, serta kecamatan untuk melihat gerhana matahari berukuran besar.

"Kami mengucapkan Terimakasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bunsur ini menggunakan kacamata   berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI Indonesia, sebagai kacamata terbesar se Indonesia bahkan Asia, “tandasnya.

Rangkaian acara GMC 2019, di awali sholat gerhana, dilanjut dengan pantauan GMC, serta penampilan artis ibu kota Nisa Sabian. Menurut Kepala Lapan pemantauan GMC di Bunsur paling teramai di saksikan lebih kurang 10 ribu orang.

Hadir pada acara itu Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Siak Azmi, Sekda Siak TS Hamzah, Kepala LAPAN Tomas Nazaruddin, anggota DPD RI Jon Erizal, Sekjen Jaringan Kota Pusaka Indonesia, Ketua TPKK Provinsi Riau Hj Misnarni, serta Kepala SKK Migas Sumbagut. 

( Tim GWI ).

Terkait

IKLAN

Sabtu, 23 Mei 2020
Komunitas Kotak Amal
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com