INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      JAWA BARAT     Bogor/Depok     PROPINSI ACEH     pariwara Padang Panjang   
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Thursday, 19 Sep 2019, 11:46
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Pariaman

Musim Panen Cabe di Medan Pengaruhi Harga Cabe Merah di Pariaman

Rabu, 17 Juli 2019

PARIAMAN | SUARARIAUPOS.COM - Harga cabai di Kota Pariaman mengalami kenaikan  semenjak hari raya idul fitri hingga hari ini. Perihal itu katakan oleh para pedagang yang SUARARIAUPOS temui di Pasar Kota Pariaman, Rabu 17 Juli 2019.

Penjelasan para pedagang, cabai merah yang dijual sebagian besar pedagang di kota Pariaman sumbernya dari Medan. Naik turun harga cabai dipengaruhi oleh alur pendistribusian cabai.

"Untuk diketahui, cabai merah yang kami jual di sini, asalnya dari Medan, tepatnya kawasam Brastagi. Ya emang tak semua, ada juga cabai yang didapat dari hasil pertanian lokal, namun dalam jumlah sedikit dan modal tinggi," ungkap Umar, salah satu pedagang cabai merah di Pasar Kota Pariaman, Rabu 17 Juli 2019.

Umar mengungkap, dua bulan belakangan, di Medan tempat dia mendapatkan cabai, kabarnya belum musim panen.

"Belum musim panen di sana. Makanya harga sekarang bisa mencapai Rp75 ribu per kilogram. Ini sudah dua bulan lamanya, semakin "kesini" harga terus merangkak naik, " jelas Umar.

Dikatakannya juga, untuk harga, kalau musim panen di Medan per kilogram berkisar antara Rp30 hingga Rp40 ribu.

"Sebetulnya untuk harga standar sih tidak ada. Kan banyak tu wartawan yang ke sini nanya harga standar. Itu tidak ada, cuma kalau musim panen harga relatif lebih murah. Untuk di sini musim panen, cabai merah seharga Rp30 hingga Rp40 ribu, gitu, " jelas Umar.

Sementara itu, salah satu pemasok cabai merah lintas propinsi (Medan-Pariaman) bernama Bagindo Naih, warga Sungai Limau saat SUARARIAUPOS temui di kediamanya membenarkan sebab kenaikan harga itu.

"Iya, ini sudah beberapa bulan. Saya sendiri yang mendistribusikan ke daerah Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, untuk beberapa pedagang di pasar, " kata Bagindo Naih.

Lebih lanjut dikatakannya, sekarang penjual cabai merah di Medan tidak bisa menyediakan dari hasil pertanian di kawasan itu.

"Penyedia cabai di Medan, sekarang ambil barang di Kerinci. Nah cabai merah dari Kerinci itulah yang kami salurkan lagi ke pedagang," sebut Bagindo.

Makanya, kata dia lagi, perihal itu membuat harga naik dari pada biasanya. Kendatipun demikian, dia urung mengatakan berapa nilai cabai yang ia beli di sana.

"Nah, cabai bisa jadi harganya turun ketika musim panen kembali di Medan. Sementara itu, ada juga cabai dari Bukittinggi dan Solok atau daerah lainnya. Namun harga tak semurah harga yang didapat dari transaksi di Medan, " ungkap Bagindo Naih.

Rai

Terkait

IKLAN

Sabtu, 10 Agustus 2019
Selamat Hari Raya IDHUL ADHA 1440 H
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com