INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Sunday, 31 May 2020, 17:48
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Rokan Hilir

Belajar Melalui Youtube, Rahmat Pantun dan Istrinya Buat Cairan Pencuci Tangan.

Rabu, 1 April 2020
Ket poto : Rahmat Pantun saat membuat cairan cuci tangan alami dan sekaligus membagikan ke tetangga dan kerabatnya.

TANJUNGMELAWAN - siarariaupos.com | Terkait langkanya  Hand Sanitizer ( Pencuci Tangan ) di pasaran, Rahmat Pantun bersama istrinya Elvy Revina dari Kecamatan Tabah Putih Tanjung Melawan ( TPTM ), Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil ), membuat cairan pencuci tangan dengan bahan alami.

"Saya bersama istri belajar dari Youtube membuat cairan pencuci tangan itu," kata M. Sarbaini alias Rahmat Pantun, Rabu (1/4/2020).

Dijelaskannya, Hand Sanitizer yang dibuat bersama istri tercintanya dengan menggunakan bahan berbal ( alami ). Diantaranya, daun sirih, lidah buaya, daun kemangi dan buah mengkudu. 

"Pembuatan cairan antiseptik ini berawal dari langka dan mahalnya Hand Sanitizer di pasaran akibat merebaknya virus corona atau covid 19 saat ini," katanya.

Diuraikannya, bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Hand Sanitizer Herbal ini sangat mudah dan murah untuk diproduksi. Untuk satu resep pembuatan hand sanitizer, dia membutuhkan setidaknya 7 lembar daun sirih, 11 lembar daun kemangi, 3 batang lidah buaya berukuran sedang, serta 1 ons buah mengkudu dan 100ml air steril .

Sementara itu, pembuatannya juga sangat mudah. Yaitu, buah mengkudu yang sudah dicuci kemudian dipotong dan dihaluskan dengan blender. Selanjutnya, buah mengkudu yang sudah halus dicampur dengan daun kemangi dan daun sirih, seryerusnya direbus selama 10 menit.

Lalu, lidah buaya yang sudah halus dicampur dengan air rebusan mengkudu, sirih dan kemangi ketika sudah dingin. istri Rahmat Pantun menegaskan lidah buaya tidak perlu direbus cukup dihaluskan menggunakan blender. 

"Satu resep itu biasanya bisa jadi sekitar 1,5 liter Hand Sanitizer Herbal. Setelah itu cairan antiseptik ini dapat dikemas dan digunakan secara langsung," terangnya.

Ditambahkannya, Hand Snitizer Herbal yang dibuatnya dia bagikan ke tetangga dan kerabat sebagai percobaan. "Ya nanti kalua layak jual, maka kita jual dengan harga terjangkau," pungkasnya. ( Zulfan ). 

Terkait

IKLAN

Sabtu, 23 Mei 2020
Komunitas Kotak Amal
ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com