INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Monday, 17 Feb 2020, 16:38
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
DKI Jakarta

Iti Oktavia Jayabaya Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2020.

Selasa, 4 Februari 2020

Jakarta, suarariaupos.com | Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menghadiri Rapat Kordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Acara yang bertajuk 'Penanggulangan Bencana Urusan Bersama: Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita' tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala BNPB Doni Munardo.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan peristiwa bencana biasaya terulang saat musim hujan seperti banjir dan longsor, dan saat di musim kemarau, terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya ini terjadi bukan hanya didalam negeri, melainkan terjadi juga di belahan negara di dunia lainnya. "Dari tahun ke tahun, ancaman dan kejadian bencana cenderung semakin meningkat tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain karena perubahan iklim global," ungkap Jokowi.

Jokowi juga menambahkan salah satu upaya dalam mencegah terjadinya longsor dan banjir, tentunya perlu adanya langkah konkrit salah satunya dengan menjaga alam dan melakukan pemulihan vegetasi alam yang rusak.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan pentingnya solusi yang permanen dalam mengatasi bencana. Jokowi juga menginstruksikan kepala daerah untuk menanam vetiver atau akar wangi di tempat yang rawan longsor.

Pasalnya, tumbuhan itu akarnya yang mencapai 2-4 meter ini mampu menahan pergerakan tanah di kawasan berpotensi longsor.

"Dalam setahun, kita tanam, akarnya bisa mencapai satu meter. Serabut masuk ke bawah, ini mulai harus dikenalkan, diperbanyak bibit-bibitnya dan sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana terutama banjir dan longsor," jelas Presiden RI.

Sementara itu Bupati Lebak usai mengikuti Rakornas mengatakan, Pemerintah Daerah Lebak saat ini akan sedang melakukan upaya pada masa transisi pasca bencana, yaitu percepatan relokasi bagi korban bencana.

"Tentunya arahan bapak presiden tadi menjadi acuan kita bersama dalam penanggulangan bencana khususnya dimasa yang akan datang, dan Pemkab Lebak sendiri saat ini sedang berupaya bersama seluruh stakeholder terkait melakukan percepatan relokasi bagi warga lebak yang tertimpa bencana sehingga mereka memiliki tempat hunian tetap yang aman" Ungkap Bupati Lebak.

(tien)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com