INTERNATIONAL     OLAHRAGA     HUKUM DAN KRIMINAL     POLITIK     PARIWISATA     IKLAN     Rokan Hilir     Kepulauan Bangka Belitung     Kabupaten Bangka     Pendidikan     Bengkalis     Sumatra Barat     Siak     Pekanbaru     Bukittinggi     Agam     DKI Jakarta     Propinsi Kalimantan Barat     Kepulauan Meranti     Dumai     Jambi     Palelawan     Sumatra Selatan     Kampar     Pasaman Barat     Indragiri Hilir     Indragiri Hulu     Kuantan Singingi     Rokan Hulu     Dhamasraya     Kepulauan Mentawai     Lima Puluh Koto     Padang Pariaman     Pasaman Timur     Pesisir Selatan     Sijunjung     Solok     Solok Selatan     Padang     Pariaman     Payakumbuh     Sawah Lunto     Kota Bekasi     ENTERTAIMEN     Kabupaten Tegal     Pemalang     Jakarta Utara     Jakarta Barat     Jakarta Timur     Kota Tegal     Sumatra Utara     Jakarta Selatan     Papua Barat      Propinsi Papua     Sulawesi Selatan      Kabupaten Brebes      DPRD Kabupaten Bengkalis      Propinsi Banten      Pekalongan      Kudus     SRAGEN     Kabupaten Demak     Bojonegoro      Jawa Tengah      Jawa Timur      Padang Panjang      Jawa Barat     Bogor/Depok     Propinsi Aceh     pariwara Padang Panjang      Aksi Cepat Tanggap     NASIONAL      Sarolangun  
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Wednesday, 26 Feb 2020, 08:03
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
Agam

Nagari Duo Koto Kec. Tj.Raya Kab. Agam Melakasanakan Pekerjaan Pembangunan MCK Kombinasi.

Jum'at, 17 Januari 2020

Agam - suarariaupos.com | Pemerintahan Nagari Duo Koto kecamatan Tanjung Raya Agam, melalui kegiatan Prasarana dan sarana Air Limbah yang berada di bawah naungan Dinas PUPR khususnya Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum melaksanakan pekerjaan pembangunan MCK Kombinasi.

Demikian disampaikan Wali Nagari Duo Joni Safri, S.Pd, saat ditemui Jum'at,17 Januari 2020 saat berada di lapangan di jorong Pasar Ahad.

Dilaksanakannya pembuatan MCK Kombinasi Plus Ipal Komunal dengan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) Sanitasi, dengan tujuan meningkatkan kinerja program dan sarana bidang infrastruktur serta meningkatkan cakupan pelayanan sanitasi dan kualitas kesehatan di Nagari Duo Koto, tambah Joni.

Perluasan cakupan akses pelayanan air limbah yang layak skala komunal/kota mempunyai kriteria padat penduduk dan rawan sanitasi yang dilaksanakan dengan proses pemberdayaan masyarakat.

MCK kombinasi itu adalah Pembangunan MCK yang Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) nya menggunakan teknologi Anaerobic Filter (AF), dimana Teknologi ini menyaring kotoran hingga beberapa kali pada tiap kompartement pada ruang penyaringan/filter, dengan memakai media botol aqua.

Pada ruang AF terakhir dipasang batu kerikil bersih. sehingga setelah diolah, limbah akhir (affluent) cukup aman untuk dialirkan ke saluran lingkungan. Sanitasi merupakan salah satu pelayanan dasar manusia yang harus dipenuhi, seperti halnya kebutuhan akan air bersih.

Dengan adanya IPAL Komunal ini limbahnya tidak mencemari air tanah dengan tingkat E-Coli yang tinggi, disekitar permukiman masyarakat. Selama ini kita lihat pembuangan air limbah rumah tangga yang ada disalurkan ke saluran air, gorong-gorong, kanal kecil, atau got yang ada di sekitar fasilitas tersebut sehingga standar kesehatan lingkungan tidak terpenuhi.

Maka melalui MCK kombinasi saluran air yang ada didalamnya, menjadi tumpukan sedimentasi kotoran yang nantinya dapat mengantisipasi pencemaran lingkungan. kata walinagari Duo Koto yang penuh kreasi dan inovasi.

Untuk tahun 2019 ada 1 lokasi pembangunan MCK Kombinasi. MCK Kombinasi ini telah terkoneksi dengan MCK keluarga sebanyak 20 rumah, yang alirannya ditampung di bak penampungan MCK Kombinasi. Bagi keluarga MCK nya tidak memadai dipersilahkan memanfaatkan MCK kombinasi.

Untuk itu kepada warga masyarakat Duo Koto silahkan pergunakan MCK kombinasi dan mari kita gunakan sebaik-baiknya. tambah Joni.

info : Yun S / (Anto)

Terkait

IKLAN

ADDRESS
Jl. Sudirman Gang. Imam Bonjol . rt 3 rw 2 Kec : Mandau.
Kab. Bengkalis Riau Bengkalis, Riau, Indonesia

Yansimon
0812 - 6176 - 5827
www.suarariaupos.com
suarariaupos@yahoo.com