ENTERTAINMENT  | INTERNATIONAL  | OLAHRAGA  | HUKUM DAN KRIMINAL  | POLITIK  | PARIWISATA  |
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com
KORAN ONLINE
PT. SUARA RIAU POS
JL. Imam Bonjol. RT 3 RW 2 Kec. Mandau. Kab. Bengkalis Riau
Telp: 0812 - 6176 - 5827 Email: suarariaupos@yahoo.com

Warga Desak Pemkab dan Pemprov Bangun Turap di Parit Kecil.

Last update : 05/02/2016

Warga Desak Pemkab dan Pemprov Bangun Turap di Parit Kecil.

RANTAUKOPAR-- Warga di dekat Parit Kecil, Kepenghuluan Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar mendesak Pemkab Rohil dan Pemkab Rohil melalui dinas terkait untuk segera membangun turap disepanjang parit kecil itu.

"Sebab, apabila banjir surut abrasi ditepi parit ini semakin parah," ujar Herman (35) warga sekitar, Jumat (5/2). Menurutnya, abras itu terjadi akibat adanya turap hanya sebelah dibangun CPI didekat Water Plant. Sementara, turap disebelah rmah warga tidak dibangun. Sehingga, tidak ada perimbangan kekuatan tanah.

"Kalau sempat ini lama diperbaiki, kami kahwatir rumah kami yang ada di tepian parit ini akan ikut abrasi nantinya," katanya. Dia mengatakan, sudah beberapa kali ditinjau oleh pihak terkait didaerah tersebut. Hanya saja, sampai saat ini belum juga dilakukan perbaikan," katanya.

Hal yangsama juga dikatakan Udin (63). Menurutnya, parit itu sebelumnya sangat lebar. namun, karena CPI membangun turap di sebelah Water Plant membuat tanah disebelah rumah warga menjadi abrasi, sehingga tanah abrasi tersebut semakin memperkecil lebarnya parit itu. "Sebelum dibanguan turap di sebelah Water Plant itu, pompong ( boat ) kami bisa lewat di parit ini. Tapi, sekarang, jangankan pompong, sampan saja sudah sulit lewat, terlebih rumput ilalalng yang tumbuh di turap disekat Water Plant dibiarkan pihak Chevron terurai panjan menutup parit itu," jelasnya.

Ia bersama masyarakat lainya berharap kepada pihak terkait, agar bisa memabgun turap disebelah rumah warga. Dengan tujuan, biar bisa seimbang. "tentunya, dengan adanay turp itu, tanah yang ada diekat rumah kami tidak akan terjadi abrasi lagi," imbuhnya. Selain itu, ia juga berharap kepada pihak terkait, agar bisa menyamapikan kepada pihak Chevron agar hendaknya melakukan pembersihan rumput didekat turap yang dibangun pihak Chevron itu. "tentunya, kalau kami sebagai masyarakat biasa yang menyampaikan pastilah tidak didengar. Tapi, saya yakin apabila orang yang mempunyai kepentingan menyampaikan, pastilah akan didengar permintaan kami ini," katanya.

Terpisah, Camat Rantau Kopar Ramlan menegaskan, bahwa ia akan terus berupaya melobi pihak terkait untuk membangun turap disepanjang parit itu. "Nanti, saya bersama pihak kepenghuluan akan berusaha menjumapi pihak Chevron. Mana tau mereka juga bisa memberikasn solusi terhadap keinginan masyarakat itu," tandas Ramlan. ( FN ).